Skip links

Pagelaran Tari Tradisional Mahasiswa PGSD FIP “Wadah Kreatif Mengembangkan Budaya Lokal”

Pagelaran Tari Tradisional Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Medan angkatan 2019 dan angkatan 2021. Acara dengan tema “Semarak Budaya Tari Nusantara” yang digelar mulai tanggal 6 Juni sampai 13 Juni 2022, dibuka secara umum di gedung Aula Fakultas Ilmu Pendidikan Unimed. Kegiatan ini merupakan wadah kreatif mahasiswa sebagai projek akhir dari mata kuliah Pendidikan Seni Tari dan Drama yang diampu oleh Tim Dosen PGSD Bapak Try Wahyu Purnomo, S.Pd.,M.Pd., Bapak Putra Afriadi, S.Pd., M.Pd dan Ibu Sri Mustika Aulia, S.Pd., M.Pd

Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Pendidikan, ibu Kamtini S.Pd., M.Pd. serta Ketua Jurusan Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar Bapak Dr. Irsan M.Pd., M.Si. Dalam laporannya Ketua Panitia Yusron Abda’u Ansya menyampaikan bahwa kegiatan pagelaran seni tari diikuti oleh angkatan 2019 dan angkatan 2021 sebanyak 826 mahasiswa yang terbagi menjadi 124 kelompok.

Dr.Irsan M.Pd., M.Si., selaku Ketua Jurusan Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar dalam sambutannya menyampaikan “Bahwa sebagai mahasiswa dan calon guru sudah menjadi kewajiban untuk tetap melestarikan kebudayaan bangsa, salah satunya yaitu tari sebagai nilai keunggulan Indonesia. Kreatifitas dalam tari juga harus dikembangkan sebagai bekal mahasiswa untuk menjadi seorang pendidik, dan tari juga bisa menjadi metode pembelajaran. Pembelajaran seni adalah pembelajaran yang sangat banyak diminati oleh siswa, karena dengan seni peserta didik mempunyai wadah untuk mengembangkan dirinya dengan model pembelajaran yang menyenangkan dan menggembirakan. Pembelajaran dengan seni itu menuntut kreatifitas seorang guru dan lebih menghidupkan proses menjemput pengetahuan”.

Adapun kata sambutan dari Yusron Abda’u Ansya selaku ketua panitia menyampaikan “Pagelaran Seni Tradisional ini menampilkan berbagai jenis suku dan beberapa tari kreasi yang dikombinasikan dari beberapa tarian, diharapkan dengan digelarnya pagelaran ini menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menggali kreatifitasnya dengan hal yang positif”.
Pertunjukan seni tari tradisonal mendapat sambutan yang meriah dari para hadirin yang sangat antusias dan terkesan dengan penampilan tari nusantara yang ditampilkan oleh mahasiswa/i Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Acara tersebut berlangsung dengan baik dan lancar. “Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada para panitia dan seluruh mahasiswa yang turut menyukseskan kegiatan ini,” tutup Dr. Irsan, M.Pd., M.Si., selaku Ketua Jurusan PPSD FIP UNIMED. (Humas Unimed/eo)