Fakultas Bahasa dan Seni mengadakan kegiatan Sosialisiasi  Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian Dana PNPB 2022 secara online yg dilaksanakan pada Selasa, 20 Januari 2022. Dengan menghadirkan narasumber langsung dari LPPM Unimed Dr. Hesti Febriasari, M.Hum, (Sekretaris LPPM Unimed).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan I Dr. Wahyu Triadmojo, M.Hum, Wakil Dekan II, Dr. Masitowarni M.Ed, dan Wakil Dekan III, Dr. Marice M,Hum, seluruh fungsionaris fakultas, ketua jurusan dan ketua program studi, kepala Lab, dan seluruh dosen-dosen dilingkungan FBS Unimed.

Wakil Dekan I Dr. Wahyu Triadmojo, M.Hum pada saat membuka kegiatan mengatakan data penelitian di FBS tahun 2020 dua tahun terakhir itu ada peningkatan. Tahun 2020 ada 52 judul sedangkan tahun 2021 ada 73 judul untuk penelitian, sedangkan untuk pengabdian masyarakat tahun 2020 ada 7 judul. tahun 2021 meninggkat 100 persen menjadi 14 judul. Khusus untuk tahun 2021 ini perlu kami sampaikan bahwa penelitian dengan skema dasar itu ada 31 judul, yang lolos ada 26 judul. Kemudian skema terapan ada 46 judul, yang lolos 39 judul dan skema inovasi/pengembangan  dari 11 judul yang lolos 4 judul. Dan pengabdian masyarakat dari 35 pengusul yang lolos ada 14 judul. Harapan kami dari fakultas mudah-mudahan tahun 2022 ini yang regulasinya baru kita dapat meningkatkan lagi jumlah judul-judul proposal penelitian yang akan didanai.

Dr. Hesti Febriasari, M.Hum menjelaskan indikator kinerja penelitian yaitu jumlah penelitian yang didanai dan besaran pendanaan penelitian dari berbagai sumber dana penelitian, jumlah sumber daya peneliti yang ikut ambil bagian dalam kegiatan penelitian bermutu berskala pembinaan, jumlah publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal ilmiah internasional bereputasi, nasional terakreditasi, dan nasional bereputasi, kemudian jumlah publikasi ilmiah dalam bentuk pemakalah dan sebagai keynote speaker pada seminar bereputasi nasional dan internasional dari hasil penelitian, jumlah produk hasil penelitian berupa teknologi tepat guna, model / prototype / desain / karyaseni / rekayasa social. Jumlah hasil penelitian yang berpotensi KI dan dapat diajukan mendapatkan Paten dan KI dan jumlah hasil penelitian yang di ubah menjadi Buku Ajar dan Buku Teks Ber ISBN.(Humas Unimed/dv)