Close

" The Character Building University "

Webinar IKA UNIMED : Membangun Kreatifitas Pendidik di Masa Pandemi Covid-19

Dunia saat ini masih membahas mengenai virus covid-19 termasuk di Indonesia, sekolah-sekolah mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA serta Perguruan Tinggi tidak bisa melaksanakan pembelajaran dari ruang kelas untuk itu dilakukan berbagai metode ditawarkan agar proses pembelajaran tetap berjalan di situasi pandemic ini. Membahas kreatifitas yang dilakukan oleh tenaga pendidik Ikatan Alumni Universitas Negeri Medan (IKA Unimed) menggelar seminar online (Webinar) Nasional (02/07/2020)

Webinar ini mengangkat tema “Kreativitas Tenaga Pendidik pada Masa Pandemi Covid-19″ dengan mengundang narasumber Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd (Guru Besar dan Ketua Senat Unimed),  Dra. Ninik Purwaning Setyorini MA (Analis Keijakkan Direktorat SMP, Ditjen PAUD DASMEN, (kemendikbud), Maslina Sinaga S.Pd (Kepala UPTD SMPN 2 Medang Deras, Kab Batu Bara). Turut mengikuti seminar ini Jajaran wakil Rektor, dekan, ketua Lembaga dan peserta yang berasal dari dalam dan luar sumut.

Ketua DPP IKA Drs. Alpian Hutahuruk, M.Pd mengucapkan terimakasih atas peran serta ikut seminar ini. Peserta yang terdaftar mengikuti webinar ini sebanyak 1761 yang terdiri dari guru dalam dan luar sumut, birokrat Pendidikan baik dari dinas penddikan provinsi, dan mahasiswa. Alpian juga memberikan apresiasi kepada rektor dan jajaran pimpinan atas capaian yang telah dicapai unimed karena banyaknya prodi yang mendapat akreditasi A dan banyaknya peminat calon mahasiswa yang memilih kuliah di UNIMED. “untuk  menunjukkan rasa senang kami dalam menyambut adik-adik kita yang akan ikuti UTBK kami dari IKA UNIMED akan memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) kepada adik-adik yang akan mengikuti ujian hari minggu nanti,” ujarnya.

Alpian berharap Mudah-mudahan seminar ini benar dapat bermanfaat dan menginspirasi dan meningkatkan semangat kita untuk terus menjalani pekerjaan masing-masing.

Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. ketika membuka acara menyampaikan mulai dari tahun 2016 ketika pengurus IKA UNIMED dilantik oleh dirjen BELMAWA, pengurus IKA UNIMED terus membuat berbagai kegiatan untuk berinteraksi dan bersilahturahmi antara alumni dengan pimpinan unimed serta juga IKA UNIMED juga memberikan pengetahuan kepada adik-adik juniornya yang masih menempuh kuliah di UNIMED lewat berbagai macam acara seminar sama halnya dengan webinar nasional yang dilakukan sekarang. “harapannya dengan webinar ini kita bisa memberikan gambaran dan manfaat bagi kita seluruh peserta yang mengikuti webinar ini,” tutup Prof. Sahat.

Prof. Syawal Gultom sebagai narasumber pertama menyampaikan bahwa Di masa pandemic ini Pendidikan tidak boleh berhenti, tenaga pendidik harus meningkatkan kreatifitasnya dalam mengembangkan proses belajar dengan diisi materi-materi yang kreatif sehingga siswa dapat belajar yang baik di rumah melalui metode yang kreatif seperti pembelajaran berbasis projek, masalah serta merancang materi yag konstektual, merancang materi pembelajaran, memanfaatkan IT di masa covid, dan yang paling penting kreatifitas pendidik itu bermula dirancang dari cara berpikir guru itu sendiri.

Dra. Ninik menyampaikan bahwa Kementrian sendiri telah mengambil Langkah-langkah agar para pedidik dapat melakukan kreatifitas dalam pembelajaran hal ini telah diatur dalam semua surat edaran kementrian dimana konsep pembelajaran di rumah harus diberikan dengan mempunyai makna yakni lebih focus kepada Pendidikan kecakapan hidup, kemudian pembelajaran dari rumah harus bervariasi antar siswa sesuai minat dengan mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas  belajar di rumah. Pemerintah telah menyediakan berbagai peraturan untuk mempermudah pembelajaran di rumah tapi pada intinya guru dituntut untuk menyiapkan kreatifitas dalam merancang pembelajaran kedepannya.

Maslina sinaga menyampaikan konsep yang diterapkan di SMPN 2 Medang Deras, Kab Batu Bara dimana mereka menerapkan konsep “MAU” yakni 1. Mengkondisikan dimana disini kami mempersiapkan dan memfasilitasi guru dan siswa agar  pembelajaran dapat berlangsung efktif, 2. Aktifkan dengan melaksanakan kegiatan  pembelajaran efektif (baik secara daring maupun luring) 3. Umpan balik disini kami melakukan proses perbaikan pembelajaran dengan mengevaluasi pembelajaran yang telah kami lakukan serta kami juga memberikan apresiasi terhadap para guru dan siswa melalui lomba dan motiviasi terhadap para guru dan siswa.(Humas Unimed/zr)

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW