Close

" The Character Building University "

Profil Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd.

Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. lahir di Sibolga pada tanggal 5 Juli 1960. Ia merupakan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Medan sejak Oktober tahun 2015. Keseharian beliau mengajar sebagai dosen pengampu mata kuliah Metodologi Penelitian, Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan, Desain Sistem Instruksional, Landasan Teknologi Pendidikan, Statistika Pendidikan, Difusi Inovasi Pendidikan dan Kepemimpinan.

Mengenal lebih dalam latar belakang pendidikannya, Harun Sitompul merupakan alumni IKIP Negeri Medan, S1 Jurusan Pendidikan Teknik Sipil pada angkatan tahun 1980. Selang beberapa tahun berikutnya, pada tahun 1988 ia pun melanjutkan magisternya di IKIP Negeri Jakarta dengan Jurusan Teknologi Pendidikan, selanjutnya pada tahun 1992, Ia pun melanjutkan program doktor Jurusan Teknologi Pendidikan di IKIP Negeri Jakarta dan berhasil meraih doktor pada tahun 1997.

Sebagai akademisi, beliau juga aktif dalam menulis dan meneliti, adapun beberapa buku hasil buah pikirannya diantaranya Menuju Pembelajaran Bermutu (2011), Buku Kreativitas Tematik Siswa (2014), Statistika Pendidikan (2017), Buku Ajar Evaluasi Hasil Belajar (2017), Evaluasi Program Pembelajaran (2018), Job Sheet Praktik Kerja Batu dan Beton (2019), Perencanaan Pembelajaran: Pendekatan Konstruktivistik dalam Lesson Study (2019), Statistika:Teori dan Aplikasi Pada Pendidikan (2019), Harmoni Dasar (2019), dan Strategi Pemekarsa Di Era 4.0 (2020). Selain itu, ia pun turut menjadi editor buku dengan judul Menyelamatkan Keluarga Indonesia da Bahaya Narkoba (2004) dan Mereka Bicara Narkoba : Penanggulangan Narkoba Berbasis Sekolah (2004).

Pria berdarah Batak ini juga mendapatkan HKI pada tahun 2019, diantaranya Statistika Pendidikan: Teori dan Cara Perhitungan/Buku, Evaluasi Program Pembelajaran/Modul, Evaluasi Hasil Belajar/Buku dan Program Komputer: Sistem Informasi Virtual Laboratory.

Ragam prestasi juga ia raih, diantaranya Piagam Penghargaan sebagai Sekretaris 1 Penyelenggara Pemilihan Umum Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 1999 dari Pengadilan Tinggi Medan, Rekomendasi sebagai Pakar Penyusunan Modul Pelatihan Instruktur Penyuluh Narkoba dari Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia Tahun 2005, Pelakat Dosen Terbaik pada Program Pascasarjana Unimed Tahun 2002/2003 dari Unimed, dan Setifikat Penghargaan sebagai Juri Pemilihan Guru SMK/SMA Berprerstasi Tingkat Propinsi Sumatera Utara pada Tahun 2016-2019 dari Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara.

Pengalaman dalam memimpin sudah tak diragukan lagi, Beliau pernah menjabat menjadi Ketua Program Kegiatan Pengembangan dan Penerapan hasil Penelitian Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat IKIP Medan pada tahun 1998-1999, Ketua Penyunting Jurnal Pengamdian Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Unimed pada 1998-2000, Kepala Pusat Jasa Ketenagakerjaan (PJK) Unimed pada tahun 1999-2004, Asisten Direktur Bidang Keuangan dan Administrasi Progaram Pascasarjana Unimed pada tahun 2003-2005, Ketua Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Unimed pada tahun 2005-2007, Konsultan Akademisi di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Binjai pada tahun 2007, Konsultan/Tenaga Ahli Sustainable Capacity Building for Decentralization Project (SCBD-P) ADB Loan No. 1964-INO, Kabupaten Simalungun pada tahun 2008-2009, Ketua Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Unimed pada 2012-2016 dan yang terakhir menjabat Dekan Fakultas Teknik Unimed selama dua periode, pada tahun 2016-2020 dan 2020-2024.

Pengalamannya justru membuatnya semakin rendah hati dan smeakin giat dalam mengembangkan pendidikan. Berbagai penelitian ia kembangkan demi kemajuan teknologi pendidikan diantaranya Pengembangan Model Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan untuk Menumbuhkan Kompetensi Berwirausaha di Kalangan Siswa SMK Kota Medan pada tahun 2014, Pengembangan Model Pembelajaran Desain Sistem Instruksiona lBerbasis Technology Paedagogy And Content Knowledge untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Karakter Mahasiswa pada tahun 2016, Pengembangan Penilaian Autentik Berbasis Karakter di Sekolah Dasar pada tahun 2016, Keefektifan Sistem Pengendalian Internal Dalam Meningkatkan Kinerja Dosen dan factor-faktor yang mempengaruhinya pada tahun 2016, Pengembangan Model Pembelajaran Desain Instruksional Berbasis Technology Paedagogy And Content Knowledge untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Karakter Mahasiswa pada tahun 2017, Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Karakter Melalui Pendekatan Konstruktivisme Dalam Lesson Study Pada Matakuliah Perencanaan Pembelajaran pada tahun 2017, Peningkatan Kualitas Dosen dalam Pembimbingan Tugas Akhir Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan pada tahun 2017, Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Karakter melalui Pendekatan Konstruktivisme dalam Lesson Study pada Matakuliah Perencanaan Pembelajaran pada tahun 2018, Revitalisasi Perangkat Pembelajaran Program Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Teknik pada tahun 2018, Pengembangan Sistem Penilaian Pembelajaran Praktik Teknologi Beton Menggunakan Teknik Self-Assesment bagi Mewujudkan Mahasiswa Kreatif dan Produktif pada tahun 2018, Evaluasi Implementasi Praktek Kerja Lapangan Industri Dalam Rangka Revitalisasi LPTK Vokasi Fakultas Teknik Unimed pada tahun 2019, Pengembangan Bahan Ajar Teknik Pelaksanaan Alat Berat Dengan ADDIE Model Melalui Pendekatan Task Learning pada tahun 2019, Pengembangan Buku Ajar Statistika Berbantuan Software SPSS Untuk Meningkatkan Penalaran Statistis Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan pada tahun 2019, Pengembangan WEB Virtual Laboratory (V-LAB) Terpadu Untuk Mendukung Blended Learning Di Universitas Negeri Medan pada tahun 2019, Pengembangan Model Evaluasi Magang Setiap Prodi Dalam Rangka Implementasi Kurikulum KKNI Fakultas Teknik Unimed pada tahun 2020, Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Terintegrasi Berbasis Web pada tahun 2020 dan Pengembangan Media Pembelajaran Matakuliah Praktek Kerja Batu Batu Beton Berbasis Video Tutorial dengan Model ADDIE pada tahun 2020.

Pria kelahiran Sibolga ini pula aktif dalam mengisi pelatihan, seminar, workshop dan pengabdian masyarakat. Seperti menjadi narasumber Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru-Guru SMA Swasta Cut Nyak Dhien Kota Langgsa Propinsi Aceh pada tahun 2011, Workshop Hasil EDS/M dan MSPD Tahap I LPMP Propinsi Sumatera Utara pada tahun 2011, Workshop Pembelajaran yang Komunikatif untuk Anak Usia Dini di Kabupaten Simalungun dengan Topik Kecerdasan Majemuk Anak Usia Taman Kanak-Kanak pada tahun 2011, Pelatihan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Guru SMA Swasta Cut Nyak Dhien Kota Langsa Propinsi Aceh pada tahun 2012, Pelatihan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKS) Taman Kanak-Kanak Se-Kabupaten Simalungun tentang Pendidikan Karakter pada tahun 2012. Ia pun turut serta dalam PKM Pembuatan Pellet Mandiri dan Pendampingan Pemasaran bagi Kelompok Peternak Ikan Patin di Desa Setia Kecamatan Pahae Jae Kab. Tapanuli Utara Provsu, PKM UKM Opak Singkong Di Desa Sianjul Mula-Mula Kecamatan Sianjur Mula-Mula Kabupaten Samosir Propinsi Sumatera Utara pada tahun 2019 dan Rancang Bangun Mesin Parut Singkong, Perbaikan Kemasan, Pendampingan Manajemen dan Pemasaran untuk Meningkatkan Omset UKM Opak Singkong di Kelurahan Pasar, Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir pada tahun ini.

Semua karya dan pengalamannya menjadikannya seorang yang bersahaja dan rendah hati. Beliau juga dikenal sangat penyayang, tidak hanya di lingkungan keluarga dan dia pun sangat humble kepada sesama dosen maupun mahasiswanya. Dia selalu terbuka kepada siapa saja yang ingin belajar dan menempa diri. Menurutnya, menjadi manusia yang bermanfaat dan berguna bagi orang lain adalah bagian dari prinsip hidupnya.

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW