Close

" The Character Building University "

Webinar Prodi IPA FMIPA Bahas Strategi Pembelajaran Mandiri Berbasis HOTS di Era New Normal

Prodi Pendidikan IPA FMIPA Unimed mengelar Webinar IPA dengan mengangkat tema “Pandemic Covid-19 dan Wujud Belajar Mandiri”, menggunakan aplikasi Zoom meeting dan streaming youtube, pada Rabu (16/6). Dengan pembicara Prof. Dr. Retno Dwi Suyanti, M.Si. (Koordinator Pendidikan Kimia Pascasarjana UNIMED), Dr. Ely Djulia (Koordinator Program Billingual FMIPA UNIMED) dan Linda Sari, M.Pd. (Guru IPA SMP 1 Stabat dan Tutor Universitas Terbuka). Dengan moderator Halim Simatupang, M.Pd. dan Host Dr. Mariati P. Simanjuntak, M.Si.

Acara tersebut dibuka oleh sambutan Dekan FMIPA Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. dan Ketua Prodi Pendidikan IPA Dr. Mariati Simanjuntak, M.Si. diikuti juga oleh Wakil Dekan, Kajur dan Sekjur, Dosen Pendidikan IPA Unimed, dan 175 peserta terdiri dari Praktisi, Dosen dan mahasiswa.

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. mengatakan “Kegiatan ini merupakan Webinar yang dilaksanakan oleh Pendidikan IPA Unimed, dengan mengundang pembicara yang diharapkan dapat memberikan stimulasi dan motivasi kepada peserta webinar ini untuk meningkatkan inspirasi dan kreativitas di tengah pandemic Covid-19. Sebagai pimpinan FMIPA Unimed, kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kinerja dan kerja keras seluruh panitia untuk melaksanakan kegiatan ini dengan sukses, mudah-mudahan nanti bisa berjalan dengan keberhasilan yang maksimal. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik”.

Sementara Ketua Prodi Pendidikan IPA Dr. Mariati Simanjuntak, M.Si. mengucapkan “terima kasih atas dukungan berbagai pihak sehingga terselenggaranya kegiatan ini. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan IPA sebagai salah satu wujud keikutsertaan dalam memberikan solusi terhadap masalah pembelajaran dan untuk meningkatankan mutu pendidikan khususnya kreativitas peserta didik di tengah wabah pandemi yang saat ini sedang terjadi. Semoga para peserta nantinya dapat mengaplikasikan hasil dan manfaat dari webinar ini.”

Prof. Dr. Retno Dwi Suyanti, M.Si. sebagai naramsumber menyampaikan,”Strategi pembelajaran mandiri IPA berbasis HOTS pada era New Normal sangat diperlukan pembelajaran mandiri terarah dan pada gilirannya membantu pencapaian 7 opilar tujuan pendidikan mendasar. Penggunaan media memungkinkan terjadi interaksi antara siswa, guru. Peningkatan hasil pembelajaran ditentukan oleh 3 kriteria media yaitu Efektif, menarik dan efisien”.

“Pembelajaran daring tidak cukup dengan menggunakan WAG dan email saja, akan tetapi harus menerapkan blended learning interaktif dengan platform Cisco Webex, Zoom, SIPDA atau Google Meeting, Google Classroom dan lainnya”, Lanjut Prof. Retno. (Humas Unimed/bg).

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW