Close

" The Character Building University "

Jurusan Pend. Geografi FIS Gelar Webinar Geografi Talks

Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial kembali menyelenggarakan acara Webinar Geografi Talks #1 dengan mengangkat tema “Tantangan Pembangunan Wilayah : Dampak COVID-19 dan Strategi Penanganannya” yang diselenggarakan pada hari Rabu, 20 Mei 2020 dengan menggunakan aplikasi Cisco Webex.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber  yaitu Prof. Dr. Sc. H.M. Ahman Sya, Drs., M.Pd., M.Sc. (Guru Besar Pendidikan Geografi Universitas Negeri Jakarta), Yosi Sukmono, ST (Sekretaris BAPPEDA Sumatera Utara), dan Aulia Akbar, MDP (Adv) dari BAPPEDA Kab. Deli Serdang yang pada saat ini sedang menyelesaikan pendidikan program Ph. D di University of Twente. Kegiatan Webinar ini diikuti sekitar 200 peserta yang berasal dari berbagai kalangan baik, mahasiswa ( 60,8%), akademisi (20,8%) guru ( 12,6%) , dan praktisi (3,7%) serta lainnya (2,1%),  yang tersebar hampir dari seluruh penjuru Indonesia seperti dari Ende Provinsi NTT dan Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya Dekan FIS Unimed, Dra. Nurmala Berutu, M.Pd  menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya webinar ini, karena kegiatan webinar ini menunjukkan bahwasanya semangat menimba ilmu tidak pernah luntur walaupun berada di tengah kondisi pandemik COVID-19. “Pada  masa bencana pandemi seperti ini diperlukan peran geogaf untuk menyusun dan merencanakan kebijakan pembangunan wilayah dengan tetap memperhatikan tiga pendekatan geografi yakni pendekatan keruangan, pendekatan ekologi dan pendekatan kompleks wilayah sehingga menghasilkan keselarasan kebijakan antara pembangunan fisik dengan sosial ekonomi,” ujar Nurmala.

Dekan FIS juga mengucapkan terima kasih kepada para narasumber yang telah bersedia bergabung bersama dalam webinar ini, Dekan FIS berharap agar seluruh materi yang disampaikan dapat dimanfaatkan dan diimplementasikan untuk pengembangan ilmu oleh seluruh peserta, khususnya mahasiswa Pendidikan Geografi FIS Unimed.

Ke depannya, kegiatan Webinar Geografi talks ini direncanakan akan diadakan secara rutin dengan mengangkat tema yang aktual yang dijaring dari  respon peserta melalui pengisian form pendaftaran yang disiapkan tim pengelola kegiatan. Dengan harapan kegiatan ini akan bisa membangun dan mengembangkan atmosfer akademik civitas akademika di Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Unimed.(Humas UNIMED/zr)

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW