Close

" The Character Building University "

Webinar Geografi Unimed : Peran SIG dan Pemetaan Dalam Pandemi Covid-19

Pendidikan Geografi FIS Unimed mengadakan acara Webinar SIG dan Pemetaan dengan Tema : “Peran Sistem Informasi Geografis dan Pemetaan dalam Pandemi Covid-19” pada Minggu, (17/5). Menghadirkan tiga narasumber yaitu M. Ridha Syafii Damanik, S.Pi.,M.Sc selaku Kepala Lab. SIG dan Dosen Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan, Dr. Lili Somantri, M.Si selaku Kaprodi Sains Informasi Geografi Universitas Pendidikan Indonesia, dan Akbar Muammar Syarif selaku Sekretariat Kebijakan Satu Peta Kemenko Perekonomian.

Seminar daring ini dibuka Wakil Rektor I Unimed, Dr. Restu, MS bersama Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNIMED Dra. Nurmala Berutu, M.Pd. Adapun peserta yang mengikuti acara ini mencapai 256 orang, namun yang aktif selama Webinar sekitar 150-170 orang yang terdiri dari berbagai kalangan, yakni Akademisi (Para Dosen di Lingkungan UNIMED, Para Guru dari berbagai wilayah Indonesia), Konsultan, Praktisi, Mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia dan sebagainya.

Dalam sambutannya, Dr. Restu, M.S. menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini, dimana topik yang diangkat sangat sesuai dengan Jurusan Pendidikan Geografi serta Pandemi Covid-19 saat ini. Pentingnya Sistem Informasi Geografis terhadap Pemetaan Covid-19 sehingga masyarakat dapat melihat langsung peta zona merah Covid-19 yang membantu mengurangi penyebaran, sehingga acara kali ini akan benar-benar bermanfaat.

Berdasarkan pemaparan seluruh materi yang teramat luar biasa, menjelaskan betapa pentingnya peran Sistem Informasi Geografis serta Pemetaan dalam Penanganan Pandemi Covid-19 yang melanda negeri dan hampir seluruh dunia, Analisis Risiko Bencana Pandemi Covid-19 Berbasis SIG, Peran Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Distribusi Bantuan Masyarakat Terdampak Covid-19, dan Sistem Informasi Geografis Dalam Mendukung Kebijakan Penanganan Pandemi Covid-19 (Analisis Spasial Mitigasi Dan Pemulihan) merupakan judul yang dibawakan para pemateri yang luar biasa pentingnya. Pemetaan Risiko Penyebaran Covid-19, yaitu Peta Bahaya Kerentanan Wilayah terhadap Covid-19 dan Peta Kapasitas Pelayanan Rumah Sakit Rujukan. Pemetaan Kesiapan Indonesia Bangkit dari Pandemi Covid-19, yaitu : Peta Tingkat Perkembangan Penyakit, Peta Tingkat Pengawasan Virus, Peta Tingkat Pelayanan Kesehatan, Peta Tingkat Kesiapan Usaha/Sektor Kegiatan dan Peta Respon Publik. Semua peta-peta tersebut merupakan peran dari Sistem Informasi Geografis dan Pemetaan, sehingga disimpulkan bahwa betapa pentingnya Sistem Informasi Geografis dan Pemetaan dalam Penanganan Pandemi Covid-19 saat ini.

Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd. menyampaikan walaupun sekarang kita masih dalam  situasi Pandemi COVID – 19,  kita harus tetap produktif dalam melaksanakan berbagai kegiatan perkuliahan meskipun harus berada di rumah. Kami berharap kegiatan ini memberi motivasi, mengembangkan wawasan dan memunculkan ide-ide kreatif yang dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran secara nyata sehingga menghasilkan inovasi baru yang berguna untuk pengembangan diri ke depan.(Humas Unimed/eo)

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW