Close

" The Character Building University "

Prodi Bahasa Jerman FBS Bangun Jiwa Wirausaha Mahasiswa

Di era revolusi industry 4.0 sangat penting membangun karakter bisnis atau enterpreunership mahasiswa. Agar mereka memiliki kesadaran mengubah budaya mencari kerja menjadi budaya untuk menciptakan kerja dan lapangan kerja maka spirit enterpreuner harus ada didalam diri mahasiswa. Untuk memberi wawasan mengenai hal itu Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni Unimed menggelar Seminar Nasional Kewirausahaan dengan tema “membangun jiwa wirausaha yang kreatif & inovatif di era revolusi industri 4.0″. Seminar ini diikuti ratusan mahasiswa FBS khususnya mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman di Ruang VIP Gedung Digital Library Unimed, Selasa (25/02).

Dekan FBS Dr. Abdurrahman, M.Hum membuka langsung kegiatan ini, dalam sambutannya mengatakan seminar ini merupakan kali kedua yang diadakan oleh jurusan bahasa asing. Menyahuti permen No.3 kemendikbud dimana enteurprenership itu menjadi sesuatu kewajiban, itulah mengapa setiap program studi wajib dibekali dengan mata kuliah kewirausahaan. Hal ini bertujuan agar mahasiswa mampu menciptakan inovasi bisnis dimasyarakat dengan dukungan aplikasi ilmu dan teknologi modern. “Kita tidak menuntut mahasiswa untuk menjadi seorang pebisnis tetapi bagaimana mahasiswa dibekali dengan spirit kewirausahaan sehingga kedepan bisa menjalankan profesinya dengan baik dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas”.

Dr. Rahman juga mengatakan “dari seminar ini mahasiswa bisa memanfaati kesempatan untuk magang di tempat usaha kuliner ataupun pariwisata karena bahasa jerman ini sangat besar kaitannya terhadap pariwisata” ujarnya.

Di akhir sambutan Dr. Abdurrahman menegaskan agar para mahasiswa harus dapat mengikuti paradigma yang berkembang sekarang yaitu revolusi industri 4.0. “Kami sangat mengapresiasi acara ini, diharapkan dengan diadakannya acara ini mahasiswa nantinya dapat memiliki kemampuan individu dalam menciptakan peluang ekonomis dari sebuah ide usaha baik skala kecil maupun skala besar, mudah-mudahan ketiga narasumber nanti dapat membagi ilmunya kepada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman khususnya di bidang wirausaha dan pariwisata, tutup Dekan FBS.

Dr. Risnovita Sari, M.Hum selaku ketua pelaksana menyampaikan Kegiatan Seminar Nasional ini mengundang 3 narasumber ; Dra. Debbie Riauni Panjaitan (Dinas Kebudyaan dan Pariwisata Sumut), Mazz Reza Pranata S.E (Ketua Umum BPD HIPMI Sumut), Indra Halim (Founder Kuliner Medan), ketiga narasumber ini akan memaparkan tentang penumbuhan wirausaha muda yang kreatif dalam rangka peningkatan kapasitas daya Tarik wisata, enterpreunership peluang ekonomi digital dan perkembangan revolusi industry 4.0.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Dekan, Kaprodi, Sekjur dan Dosen khususnya Jurusan Bahasa Asing.(Humas UNIMED/js)

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW