Close

" The Character Building University "

Undang Sekolah Mitra, Unimed Rancang Magang 3 Lebih Efektif

Dalam rangka mempersiapkan Magang 3 Mahasiswa Unimed, Unimed gelar pembekalan dan penyamaan persepsi kepada ratusan sekolah mitra Unimed. Ratusan sekolah yang dihadiri ratusan kepala sekolah, dosen pembimbing lapangan, dan guru pamong dalam sukseskan magang 3 lebih efektif di semester genap 2019/2020. Kegiatan penyamaan persepsi digelar di Digital Library lt.IV Unimed, Selasa(21/01).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh pusat KKN PPL dan Magang Unimed ini menghadirkan narasumber yakni Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom SKM., M.Kes, Kepala LPPM Unimed, Dr. Kustoro Budiarta, ME., dan Kepala LP2MP Unimed Dr. Isda Pramuniarti, M.Hum. Narasumber memaparkan materi dasar- dasar mempersiapkan guru masa depan, konsep-konsep pelaksanaan magang terhadap mahasiswa agar menghasilkan guru masa depan yang profesional.

Kegiatan dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom SKM., M.Kes, dan turut hadir, para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan dilingkungan Unimed, hadir juga Kepala LPPM Dr. Kustoro Budiarta, ME, Sekretaris LPPM Dr. Hesti Fibriasari, M.Hum, dan Kepala LPPMP Dr. Isda Pramuniati, M. Hum. Koordinator Magang Drs. Jamalun Purba. M.Pd.

Dr. Syamsul Gultom dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk penyamaan persepsi pada pelaksanaan magang 3 mahasiswa Unimed dengan kepala sekolah mitra, guru dan dosen pamong.

Syamsul juga menegaskan, magang 3 bukanlah PPL karena PPL dilakukan pada saat mahasiswa mengikuti PPG. “Jadi, dalam hal ini perlu dilakukan pembekalan kepala sekolah mitra, dosen pembimbing lapangan dan guru pamong, sehingga pelaksanaan magang 3 di sekolah mitra dapat berlangsung dengan baik, efektif dan sukses”.

Drs. Jamalun Purba, M.Si selaku Koordinato Magang menyampaikan mahasiswa angkatan 2017 akan melaksanankan magang III yaitu mengajar terbimbing sebagai lanjutan dari magang I observasi di sekolah dan magang II pengembangan perangkat pembelajaran di sekolah mitra. Ia mengatakan jumlah peserta yang mengikuti magang III ini sebanyak 3.388 berasal dari 7 fakultas dari 33 program studi, pada 217 sekolah mitra yang terdiri dari 11 mitra paud, 32 SD, 48 SMP/MTs, 81 SMA Ma dan 45 SMK.

Kegiatan magang 3 dilaksanakan 2 gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan tanggal 27 Januari -10 Februari,
Gelombang ke-2 tanggal 22 februari – 7 maret 2020 setara dengan 12 hari efektif.

Jamalun melanjutkan, pada pelaksanaan magang III ini ada interaksi intensif antara mahasiswa dengan sekolah mitra ,yaitu mengamati guru saat pembelajaran di kelas dan menyusun perangkat pembelajaran yang akan diajarkan, serta mengajar dikelas yang dibimbing oleh guru pamong sesuai dengan bidang keahlian. Hal lainnya yang dilakukan mahasiswa adalah kegiatan non pembelajaran yang merupakan tupoksi seorang guru di sekolah. (Humas Unimed/Jh)

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW