Close

" The Character Building University "

Pentingnya Pengetahuan Kesadaran Bencana Bagi Generasi Muda

Fakultas Ilmu Sosial jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan mengadakan Seminar Nasional Mitigasi Bencana dengan tema “Penguatan Riset dan Development dalam Upaya Pengurangan Resiko Bencana Alam di Indonesia. Acara berlangsung di Gedung Digital Library Universitas Negeri Medan, Selasa (08/10).

Kegiatan seminar nasional ini mengundang beberapa narasumber yaitu Dr. Puji Pujiono, MSW., Regional Adviser on Disaster Risk Reduction United Nations Economic and Social Comission for Asia and the Pasific. Dr. Ir. Riadil Akhir Lubis, M.Si., Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara, dan Dr. Dwi Wahyuni Nurwihastuti, S.Si., M.Sc., Kepala Pusat Studi Geospasial dan Mitigasi Bencana Universitas Negeri Medan.

Acara dibuka langsung oleh Wakil Dekan I FIS Unimed Dr. Deny Setiawan, M.Si. mewakili Dekan Dra. Nurmala Berutu, M.Pd. Drs. Ali menyampaikan, salah satu upaya yang dilakukan untuk melestarikan lingkugan hidup adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial akan pentingnya lingkungan hidup dan penanggulangan bencana alam yang akan disampaikan ke masyarakat. Semoga acara seminar nasional ini berjalan dengan lancar, dan berpesan jangan sia-siakan kesempatan yang ada pada hari ini, ambilah manfaat dari seminar nasional ini”, ungkapnya.

Drs. Muhammad Arif. M.Pd, Sebagai ketua panitia acara menyampaikan ada 3 tujuan seminar yang diadakan yaitu, “pertama sosialisasi pengurangan resiko bencana alam kepada masyarakat melalui generasi muda atau calon sarjana pendidikan yang nanti akan terjun langsung ke masyarakat, yang kedua, pengembangan riset tentang mitigasi bencana dan yang ketiga, pembangunan dan pemahaman masyarakt tentang resiko bencana alam di daerah bencana”.

Dr. Puji Pujiono, MSW., menyampaikan, “Pertemuan ini diharapkan semua pihak meningkatkan kesiapsiagaan semua pihak dalam menghadapi bencana. Kesadaran akan pentingnya pengetahuan kebumian dan kejadian alam juga semestinya dapat dikenalkan sejak dini. Payung hukum berupa undang-undang dan peraturan pemerintah sudah seharusnya dapat dipatuhi oleh semua pihak. Kesadaran mematuhi aturan dan ketegasan menjalankan rekomendasi yang dikeluarkan oleh instansi berwenang menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam mitigasi”.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan, Dosen Fakultas Ilmu Sosial khususnya jurusan Geogragi, Kaprodi, serta ratusan mahasiswa yang berasal dari organisasi lingkungan hidup dan mahasiswa dari jurusan Pendidikan Geografi. (Humas Unimed/bg).

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW