Close

" The Character Building University "

Perkokoh Silaturrahim Civitas FMIPA Melalui Buka Puasa Bersama

MEDAN – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA Unimed) menggelar acara buka puasa bersama dan tausiah ramadan di Aula Gedung Prof. Dr. Syawal Gultom, FMIPA (17/5). Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Hamid. K., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, Ph.D, Para Dekan, Direktur PPs, Guru Besar FMIPA, Wakil Dekan, Ketua Dharma Wanita Unimed, Kabag, Kassubag, Senat Mahasiswa Fakultas, Ratusan dosen dan pegawai se-lingkungan FMIPA. Ustadz yg diundang untuk memberikan tausyiah ramadan Dr. Azhari Akmal Tarigan. MA.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan, “kami pimpinan universitas sangat mengapresiasi acara buka bersama yang di gelar Dekan FMIPA ini. Acara ini mari kita jadikan sebagai wadah untuk mempererat dan menguatkan hubungan silaturrahim kita sesama warga Unimed. Melalui ibadah puasa yang sedang kita kerjakan ini, insya Allah kita memperoleh RidhoNya dan keampunan atas semua dosa-dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat selama hidup ini. Aktivitas keagamaan di kampus kita ini harus kita dorong dan galakkan terus, karena melalui kegiatan keagamaan seperti ini akan sangat berkolerasi dalam pembentukan kepribadian dan karakter diri, sehingga akan berdampak pada etos kerja dan tanggungjawab kita semua civitas Unimed.

Lanjut Prof. Syawal, melalui nilai-nilai islami yang bermula dari islam rahmatan lil alamin, marilah kita wujudkan pemahaman islam yang benar untuk melakukan amalan-amalan kemanusiaan. Mari kita dekatkan diri kepada Allah dengan ibadah, berlaku adil, berbuat baik, saling tolong menolong kepada sesama dan melakukan segala perintah Nya.

Dalam tausyiahnya, Ustadz Dr. Azhari Akmal Tarigan, mengajak para undangan untuk berlomba-lomba mengambil hikmah dan berkah di bulan Ramadan. “Ibadah puasa merupakan kewajiban bagi umat muslim untuk melaksanakannya. Di bulan ramadan ini juga adalah dimana diturunkannya Al-Qur’an. Selain itu juga, dibulan Ramadan kita dianjurkan untuk memperbanyak bersedekah dan jangan lupa berzakat, serta perbanyak dzikir guna mendekatkan diri kepada Allah. Dan marilah berlomba-lomba bersegera meraih ampunan dari Allah dan berbuat kebaikan karena dalan bulan ramadan ini segala amalan dan ibadah dilipatgandakan pahala dan berkahnya. Kunci sukses kita mengerjakan ibadah puasa ini adalah terbentuknya kesalehan diri dan sosial kita, serta terealisasinya kita sebagai khalifah dimuka bumi ini, (pemimpin),” ujar Ustadz Akmal Tarigan.

“Kemudian yang tak kalah pentingnya adalah, kita memahami bahwa manusia diciptakan sebagai khalifah. Karena sejatinya sebagai seorang khalifah yang merupakan pemimpin, kita mesti memberi sebesar-besarnya manfaat bagi org lain. Sebagai mana prinsipnya, manusia terbaik itu adalah yang bermanfaat bagi orang lain atau sesamanya. Sebelum kita bisa berbuat baik kepada keluarga kita, maka kita tak akan bisa terlihat baik di luar keluarga. Kita tidak akan bisa bermanfaat bagi orang banyak sebelum kita berbuat baik dalam keluarga sendiri.“ ungkap Ustadz Akmal Tarigan ketika menutup tausiyahnya.

Dekan FMIPA Dr. Martina Restuati, setelah acara usai, mengatakan, acara buka puasa bersama ini sudah menjadi aktivitas rutin tahunan kita gelar. Tujuan kegiatan ini adalah menyatukan hubungan spiritual dan emosional antar warga FMIPA, melalui kegiatan ini diharapkan akan terbangun rasa kebersamaan dan tanggungjawab bersama untuk memajukan fakultas FMIPA dan Unimed menjadi kampus yang maju dan terus berprestasi di kanca nasional dan internasional.(Humas Unimed/js)

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW