Close

" The Character Building University "

Jurusan Geografi FIS Gelar Seminar, Melestarikan Lingkungan Hidup melalui Tulisan

MEDAN – Fakultas Ilmu Sosial jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan mengadakan seminar nasional tentang kelestarian lingkungan hidup dengan karya tulis. Kegiatan ini merupakan program mahasiswa semester VI jurusan pendidikan geografi, yang mana tujuan dari tema tersebut untuk mengajak generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan hidup sebagai wujud pernyataan kita akan bumi sebagai tempat tinggal kita. Acara berlangsung di Gedung Digital Library Universitas Negeri Medan, 17/05/2019.

Acara dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Pendidikan Geografi Unimed Drs. Ali Nurman, M.Si mewakili Dekan Dra. Nurmala Berutu, M.Pd. Drs. Ali menyampaikan, salah satu upaya yang dilakukan untuk melestarikan lingkugan hidup adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial akan pentingnya lingkungan hidup dan meningkatkan partisipasi generasi muda dibidang karya tulis guna meningkatkan kreatifitas generasi muda dalam berargumen melalui tulisannya. Ali Nurman juga menyampaikan pesan dan motivasi dari Dekan FIS, semoga acara seminar nasional ini berjalan dengan lancar, dan berpesan jangan sia-siakan kesempatan yang ada pada hari ini,ambilah manfaat dari seminar nasional ini, kembangkan terus kreativitasmu melalui karya tulis dalam melestarikan lingkungan hidup, ungkapnya.

Kegiatan seminar nasional ini mengundang narasumber dari Fakultas Ilmu Sosial Unimed Melinda Suriani Harefa, S.Pd., M.Si, yang merupakan Dosen Jurusan Geografi, Melinda membawakan materi tentang Mangrove Conservation, yang didalamnya membahas keunggulan- keunggulan pohon mangrove dan manfaat menanam pohon Mangrove. Mangrove adalan nama untuk sekelompok tanaman yang tumbuh didaerah pasang surut air. Mangrove juga merupakan hutan yang berada didaerah tepi pantai yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut, sehingga lantai hutannya selalu tergenang air. kata Melinda Suriani saat menjelaskan tentang pohon mangrove.

Hutan mangrove adalah salah satu jenis hutan yang banyak ditemukan pada kawasan muara dengan struktur tanah rawa dan atau padat. Mangrove menjadi salah satu solusi yang sangat penting untuk mengatasi berbagai jenis masalah lingkungan terutama untuk mengatasi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh rusaknya habitat untuk hewan. Kerusakan ini tidak hanya berdampak untuk hewan tapi juga untuk manusia. Mangrove telah menjadi pelindung lingkungan yang sangat besar, khususnya Indonesia, yang merupakan pemilik hutan mangrove terbesar didunia.

Acara ini dihadiri oleh Dosen Fakultas Ilmu Sosial khususnya jurusan Geogragi, Kaprodi, Guru-guru dari beberapa sekolah yang ada di Sumatera Utara, serta ratusan mahasiswa yang berasal dari, organisasi lingkungan hidup, HMJ unimed, HMJ fakultas dan Mahasiswa – mahasiswa dari jurusan Pendidikan Geografi. (Humas Unimed/js)

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW