Close

" The Character Building University "

PKO Gelar Pelatihan Strength and Conditioning Perdana

MEDAN – Pelatihan strength and conditioning yang dilaksanakan jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed yang diselenggarakan pada 1-3 mei 2019 berjalan mulus. kegiatan ini merupakan terobosan baru demi menciptakan lulusan pendidikan kepelatihan yg lebih kompeten dan berdaya saing.

Dalam laporan penyenggaraan kegiatan oleh Ketua Panita Yan Indra Siregar, M.Pd, kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa PKO semester 8 yang berjumlah 116 orang, Perwakilan dari Pengprov Taekwondo Sumatera Utara 7 orang, Pengprov Tarung Drajat Sumatera Utara 6 orang, Pengprov Hoki Sumatera Utara 5 orang dan Pengprov Kickboxing Sumatera Utara 5 orang sehingga total peserta 139 orang. Kegiatan akan dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari tanggal 1 hingga 3 Mei 2019, materi terdiri dari teori dan praktek. Materi teori dilaksanakan di Gedung Digital Library Unimed, Materi Praktek di Lapangan Serbaguna dan Lab Fisik FIK Unimed. Panitia akan mengadakan Post Test kepada seluruh peserta. Diharapkan seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan serius, tanggung jawab serta disiplin sehingga tujuan dari kegiatan ini dapat terwujud.

Kata Sambutan dari Ketua Jurusan (Kajur) PKO, Dr. Novita, M.Pd menyatakan “Alhamdulillah kegiatan ini dapat terlaksana karena kegiatan ini salah 1 Visi Misi PKO yang menyiapkan lulusan yang kualitas dibidang kepelatihan, dalam hal ini kami fokus pada pelatih fisik atau strength & conditioning. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berjenjang dan kontinyu yang direncanakan 2-3 kali dalam 1 tahun. Harapan dari kegiatan ini dapat menjalin kerjasama dengan KONI Provinsi Sumatera Utara, KONI Kabupaten/Kota, Pengprov-Pengrov di Sumatera Utara maupun instansi lainnya yang membutuhkan pelatih strength conditioning.

Selanjutnya dalam kesempatan ini kami dari PKO FIK Unimed mendatangkan nara sumber dari nasional, yang telah berkiprah ditingkat nasional dan mempunyai prestasi ditingkat Internasional, dapat dilihat dari data prestasi tahun 2011 menangani Tim Nasional Taekwondo Indonesia dalam persiapan Sea Games di Jakarta hasilnya Tim Taekwondo Indonesia keluar sebagai Juara Umum, tahun 2015 (SEA Games Singapore)  dan 2017 (SEA Games Malaysia)  menangani Tim Judo Nasional Indonesia prestasi Tim Judo Indonesia keluar sebagai juara Umum. Pada akhir 2017 bergabung di Tim Wushu Indonesia persiapan menghadapi Asian Games 2018 dan hasilnya Wushu memenuhi target Medali dari Pemerintah Indonesia. Harapan kami kepada Narasumber dapat mentransfer ilmu kepelatihan dan pengalaman-pengalamannya selama ini dan harapan kepada para peserta agar dapat menggali sebanyak-banyak informasi, ilmu dan pengalaman dari narasumber sehingga tujuan dari kegiatan ini lahirnya SC-SC yang berkualitas dari PKO FIK Unimed yang nantinya dapat berperan dalam meningkatkan performance atlet Sumatera Utara dan kemajuan Prestasi Olahraga Sumatera Utara pada PON 2020 dan terkhusus pada PON 2024 dimana Sumatera Utara sebagai Tuan Rumah. Kita tidak boleh menjadi Penonton dirumah sendiri.

Dalam sambutan KONI Sumatera Utara oleh Bapak Drs. Chairul Azmi, M.Pd, KONI Sumut menyambut baik tujuan kegiatan ini, KONI Sumut telah mencanangkan kedepannya untuk meningkatkan Kualitas SC dalam meningkat performance atlet-atlet Sumatera Utara dan tentunya akan bekerjasama dengan lembaga FIK Unimed terkhususnya jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga yang dalam Visi Misinya menghasilkan lulusan yang berkualitas dibidang kepelatihan. Saya yakin SC-SC yang berkualitas akan lahir dari FIK Unimed dengan kunci mau bekerja keras, tanggung jawab, disiplin. FIK Unimed harus berperan aktif pada PON terkhususnya PON 2024, Semoga Kegiatan ini sukses dan apa yang menjadi harapan kita bersama dapat terwujud.

Dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara, DEKAN Fakultas Ilmu Keolahragaan Dr. Budi Valianto, M.Pd juga menyatakan kebanggaannya kepada jurusan PKO sebagai penyelenggara. “ini kegiatan yg sangat bagus, semoga kedepan kita bisa melaksakannya dalam secara berkelanjutan” ungkapnya. Seperti harapan yang telah dikemukakan Ketua Jurusan PKO kita tidak boleh menjadi penonton dirumah sendiri, mari kita buktikan bahwa FIK Unimed bisa melahirkan SC-SC yang berkualitas. Semoga kegiatan ini dijadikan pembuka jalan untuk menjalin kerjasama dengan banyak instansi seperti KONI Sumut, KONI Kab/Kota, Pengprov-Pengprov di Sumatera Utara dan lain-lain.

Kegiatan dihadiri oleh Dekan FIK Unimed Bapak Dr. Budi Valianto, M.Pd, Wakil Dekan II FIK Unimed Bapak Dr. Syamsul Gultom, M.Kes, Wakil Dekan III FIK Unimed Bapak Drs. Mesnan, M.Kes, Ketua KONI Sumatera Utara yang diwakili oleh Sekretaris Umum Bapak Drs. Chairul Azmi, M.Pd, Wakil Sekjen PB WI/Manager Pelatnas Wushu Indonesia Bapak Iwan Kwok,

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW