Close

" The Character Building University "

Unimed Dukung Pengembangan Ornamen Melayu

MEDAN – Universitas Negeri Medan (Unimed) mendukung pengembangan desain ornamen Melayu melalui “Lomba Desain  Kreasi Ornamen Melayu Sumatera Utara” yang  digelar di Gelanggang Mahasiswa H. Anif Unimed, Sabtu (13/4/2019). Acara ini diselenggarakan oleh Unimed berkerjasama dengan PKK Propinsi Sumatera Utara.

Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom, M.Pd mengucapkan terima kasih atas kepercayaan TP PKK Propinsi Sumatera Utara yang memilih Unimed sebagai salah satu pihak penyelenggara. “Mudah-mudahan kedepannya semakin banyak kerja sama seperti ini, yang mendatangkan banyak orang ke Unimed” katanya.

Unimed, ujar Prof Syawal, akan terus mendukung pengembangan seni dan budaya Sumatera Utara, Upaya tersebut bukan hanya dalam bidang penelitian, tetapi juga dalam pengembangan dan pengabdian masyarakat.

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi, yang menutup acara ini memberikan apresiasi. “Alhamdulillah, kita patut bersyukur adanya kegiatan seperti ini. Kegiatan seperti ini membantu melestarikan dan menghidupkan kembali kesenian Melayu di tengah-tengah masyarakat. Dengan begitu, melayu tak akan hilang dari bumi Melayu,” ucapnya.

Kegiatan seperti ini, kata Edy Rahmayadi, merupakan salah satu usaha mewujudkan Sumut Bermartabat. Karena, Sumut yang bermartabat adalah Sumut yang mengenal dan melestarikan identitas serta keberagaman seni dan tradisi yang dimiliki. Termasuk salah satunya Melayu yang mulai luntur dan terkikis di tengah masyarakat.

“Saya berharap semakin banyak nantinya kegiatan seperti ini. Tidak hanya desain ornamen tetapi juga semua, baik tarian maupun musik dan lainnya. Kita bangkitkan kembali seni dan budaya dari semua etnis di Sumut,” katanya.

Selain itu, Edy pun mengapresiasi pihak penyelenggara dan panitia. Meskipun banyak yang bukan suku Melayu, tetapi turut bersemangat menghidupkan kesenian Melayu.

“Artinya, kita semua di Sumatera Utara ini merasa saling memiliki satu sama lain” pungkasnya

Ketua Panitia Raden Burhan Surya yang juga merupakan dosen seni rupa FBS Unimed menyampaikan bahwa lomba diikuti ratusan peserta. Disampaikannya bahwa tujuan penyelenggaraan lomba adalah untuk mengenalkan kembali ornamen Melayu yang mulai terlupakan di tengah masyarakat.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Rektor dan Dekan dilingkungan Unimed, Ketua PKK Sumut, Ketua PKK Unimed , Ketua PKK Kota Medan, Dharmawanita, mahasiswa dan ratusan peserta. (Humas Unimed/dl)

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW