Close

" The Character Building University "

FIS UNIMED Bentuk Karakter Mahasiswa Lewat MTQ dan MKQ

MEDAN – Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan kembali menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Musabaqoh Khatil Qur’an (MKQ) tingkat Fakultas dengan tema “Meningkatkan Intelektual Mahasiswa Muslim Fakultas Bersama Al-Qur’an” yang diadakan di Ruang Sidang FIS Unimed lantai III, Kamis (11/4/19). Yang diikuti sebanyak 53 mahasiswa dari berbagai jurusan dilingkungan FIS Unimed. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Dekan III FIS Drs. Waston Malau, M.Si, ketua jurusan, seketaris jurusan, ketua program studi, kepala Laboratorium, juri dan peserta dilingkungan FIS Unimed.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd Beliau mengatakan kegiatan MTQ dan MKQ ini merupakan kegiatan yang memadukan keindahan rasa, keindahan makna dan juga bisa memperdalam keimanan. “Saya yakin para mahasiswa yang saya sayangi, ketika kita ingin mengenal Allah lebih dekat, ketika kita ingin mengetahui rahasia kehidupan ini memang hanya Al Qur’an lah tempat kita membaca. Al Qur’an bukan hanya dibaca untuk keindahan suara, tetapi melalui Al Qur’an kita juga dapat melihat Asmaul Husna – Nya kemudian kita memahami terjemahannya sehingga apa yang menjadi pegangan hidup kita terbesit dalam setiap ayat yang kita baca. Kegiatan ini bukan hanya untuk mencari pemenang, tapi setidaknya ada tujuan yang dimaksud, karena jika kita dekat sama Allah SWT maka pastilah karakter yang bagus akan terbentuk dalam diri kita. Saya berharap kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an ini menjadi ladang amal dan pahala bagi kita terkhusus yang akan mengikuti kompetisi ini,”ungkapnya.

Lanjut Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, jika penyelenggaraan MTQ dan MKQ tahun 2019 ini adalah salah satu proses mahasiswa untuk mendapatkan banyak pengalaman dari kegiatan ini yang bisa nanti mencerminkan diri mereka dalam kehidupan sehari-hari. Dekan FIS percaya kegiatan ini dilakukan setransparan mungkin karna hasil dari kegiatan ini akan dilaporkan ke tingkat universitas untuk selanjutnya bersaing ditingkat Universitas. Bertindak sebagai dewan Juri dalam lomba MTQ adalah dosen–dosen agama islam dilingkungan Unimed, diantaranya adalah Drs. Manaon Batubara, MA,. Dr. Ramli Nur, MA,. dan Dr. Husnel Matondang, MA,.(Humas Unimed/dv)

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW