Close

" The Character Building University "

Alliance Francaise dan FBS Unimed Gelar Pertunjukkan Dongeng “ CONTEUR D’EAU”

MEDAN – Alliance Francaise (AF) berkerjasama dengan Prodi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan menggelar acara Bahasa Perancis Bahasa Masa Depan dan pertunjukkan dongeng “ CONTEUR D’EAU” di Ruang Aula Lt.IV Digilib Unimed (16/03). Kegiatan ini dihadiri oleh seniman pendogeng asal Perancis Adama ADEPOJU yang dikenal dengan “TAXI CONTEUR”, Anne-Lise MERCIER selaku direktur Alliance Francaise Medan, dosen prodi pendidikan bahasa Prancis, dosen di lingkungan FBS UNIMED, mahasiswa prodi pend. b. prancis, mahasiswa prodi pend bahasa inggris dan sastra inggris yg mengambil mata kuliah bahasa perancis semester ini, Guru2 mata pelajaran bahasa perancis di SMA/SMK , serta siswa-siswa SMA/SMK.

Pertunjukkan Counter D’EAU yang diperankan oleh Adama ADEPOJU “TAXI CONTEUR ” ini dirancang berdasarkan koleksi cerita kehidupan, mitos, legenda dan dongeng yang bertemakan air di 21 kota dan desa di Burkina Faso, Cote d’lvoire, Cap Vert, Guinee, Liberia, Nigeria dan Sierra Leone. Pertunjukan ini juga merupakan bagian dari penelitian mengenai pembaharuan nilai estetika yang dilakukan oleh Adama selama hampir 20 tahun terakhir. Di akhir pertunjukkan dongeng berisikan dedikasi untuk Dongeng yang diceritakan merupakan kisah-kisah yang diambil dari warisan tradisional yang bertujuan untuk memberitahu keadaan air bumi dan melindungi planet kita dari “Perang Air”.

Anne-Lise MERCIER selaku direktur Alliance Francaise Medan menyampaikan bahwa di era globalisasi sangatlah penting untuk menyuarakan Francophone dengan keragamannya yang kaya dan menjejakkan kakinya di berbagai belahan dunia khusunya indonesia. “Sebagai seniman pendongeng, pengantar budaya dan promotor Franchophonie dan bahasa perancis di seluruh dunia kami ingin mengunjungi masyarakat Indonesia dengan mengadakan pertunjukkan dan lokakarya yang akan menceritakan “VOIX FRANCOPHONE EN INDONESIE” (suara para penutur bahasa prancis di Indonesia),” ungkap Anne-Liese.

Taxi Conteur akan tampil di beberapa kota di dunia. Di Indonesia, Institut Français Indonesia (IFI) dan Alliance Française (AF) Indonesia menjadi tuan rumah untuk penampilannya di Medan, Yogyakarta, Jakarta dan Bandung.(Humas Unimed/nl)

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW