Close

" The Character Building University "

Tiga Calon Rektor Unimed, Hasil Penyaringan

MEDAN – Universitas Negeri Medan kembali menggelar tahapan dalam pemilihan calon rektor Unimed untuk periode 2019-2023. Tahapan kali ini dalam rapat senat adalah penyaringan calon rektor, rapat senat yang dipimpin oleh Ketua Senat Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd. dan Sekretaris Senat Winsyahputra Ritonga, S.Pd. M.Si. digelar pada Selasa, 12 Maret 2019 di Ruang Sidang A Gedung Pusat Administrasi Unimed. Ikut hadir utusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai peninjau dalam tahapan penyaringan calon rektor Unimed adalah Sekretaris Dirjen Kelembagaan Ristekdikti, Dr. Ir. Agus Indarjo, M.Ph. dan Kasubbag Mutasi Jabatan Pimpinan Tinggi dan Adm. Biro SDM Kemristekdikti, Andi Irawan S.Ip., MM. Rapat senat tahap penyaringan ini dihadiri 51 anggota senat, 1 anggota senat tidak hadir karena sakit.

Setelah rapat senat dibuka oleh ketua senat, kemudian sekretaris senat membacakan tata tertip penyaringan calon rektor Unimed. Selanjutnya kelima bakal calon rektor diberi kesempatan untuk memaparkan visi, misi dan program kerja dihadapan anggota senat dan peninjau dari Kemristekdikti.

Dr. Ir. Agus Indarjo, M.Ph. selaku utusan Menristekdikti menyampaikan sambutan sebelum kelima bakal calon rektor menyampaikan visi, misi dan program kerjanya. Dalam sambutannya beliau sangat memberikan apresiasi kepada semua kandidat yang terpilih, karena telah terpilih menjadi bakal calon rektor hasil saringan dari 1000an dosen Unimed. Saya berharap kegiatan tahap penyaringan bakal calon rektor Unimed kali ini dapat berjalan dengan baik dan sukses dan akan terpilih tiga calon rektor yang akan membawa Unimed menjadi kampus kelas dunia dengan prestasi yang terus meningkat. Hasil dari penyaringan ini, akan saya sampaikan kepada pak menteri sebagai laporan dan selanjutnya dilakukan pemilihan sesuai jadwal yang telah disusun nantinya.

Penyampaian visi misi dan program kerja bakal calon rektor disampaikan secara bergiliran yakni : 1. Prof. Dr. Muktar, M.Pd., 2. Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., 3. Dr. Syamsul Gultom, S.KM, M.Kes., 4. Dr. Martina Restuati, M.Si. dan 5. Dr. Marice, M.Hum. Setelah kelima bakal calon rektor tersebut mepaparkan visi, misi dan program kerja. Kemudian dilanjutkan dengan tanggapan dan pertanyaan dari anggota senat dan utusan Menristekdikti. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Dr. Agus Indarjo bertanya beberapa pertanyaan untuk kelima bakal calon, dan kesemua pertanyaan dijawab dengan baik oleh kelima bakal calon rektor.

Setelah penyampaian dan pemaparan visi, misi dan program kerja dari kelima bakal calon rektor, kemudian dilakukan pemilihan calon rektor melalui pengambilan suara dari seluruh anggota senat yang hadir yakni 51 orang dan 1 orang tidak hadir karena sakit. Adapun hasil suara pemilihan calon rektor tersebut adalah : 1). Prof. Dr. Mukhtar, M.Pd. tidak memperoleh suara, 2). Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd, memperoleh 1 suara, 3). Dr. Syamsul Gultom, S.KM, M.Kes. memperoleh 44 suara, 4). Dr. Martina Restuati, M.Si. memperoleh 3 suara, dan 5). Dr. Marice, M.Hum. memperoleh 2 suara. Dari hasil tahap penyaringan bakal calon rektor dalam rapat senat kali ini ditetapkan oleh pimpinan sidang rapat senat bahwa tiga calon rektor Unimed periode 2019-2023 adalah : 1). Dr. Syamsul Gultom, S.KM. M.Kes, 2). Dr. Martina Restuati, M.Si. dan 3). Dr. Marice, M.Hum. Kemudian hasil rapat senat nantinya secepatnya akan disampaikan secara resmi kepada Bapak Menristekdikti di Jakarta.

Dalam penutupan rapat senat, ketua senat Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd. mengatakan penyaringan calon rektor kali ini sangat aman, nyaman dan penuh kekeluargaan. Mari kita syukuri bersama, semoga selanjutnya hingga pemilihan dan pelantikan rektor Unimed yang baru nanti juga dapat berlangsung dengan aman dan tertib sesuai harapan kita bersama. Kita telah saksikan bahwa pada intinya semua calon rektor ini ingin bersama-sama membangun Unimed kearah yang lebih baik dan mewujudkan visi Unimed menjadi universitas yang unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya. Mari kita dukung bersama siapapun nanti yang akan terpilih menjadi rektor Unimed periode 2019-2023. (Humas Unimed/eo)

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW