Close

" The Character Building University "

FBS Tingkatkan Publikasi Ilmiah Dosen Melalui Kerjasama dengan Hiroshima City University Jepang

MEDAN – Fakultas Bahasa dan Seni Unimed mengadakan forum group discussion tentang kerjasama publikasi di ruang sidang FBS (28/12). Dengan menghadirkan narasumber Prof. Chiaki Iwai, M.A., Ph.D. dari Hiroshima City University.

Acara tersebut diikuti oleh fungsionaris FBS dan beberapa dosen dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Acara dibuka oleh Wakil Dekan I FBS Dr. Wahyu Tri Atmojo, M. Hum mewakili Dekan Ibu Dr. Isda Pramuniati, M. Hum. didampingi oleh Wakil Dekan II dan Wakil Dekan III.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Gugus Penjaminan Mutu Fakultas yakni Dr. Zulkifli, M. Sn dan Dr. Surya M Hutagalung, M.Pd. serta Guru Besar FBS Unimed Prof. Amrin Saragih, M.A., Ph.D.

Dekan FBS melalui WD I mengharapkan semua dosen harus mampu menulis artikel hasil penelitian kemudian mencari relasi untuk bekerja sama guna mempublikasikannya pada jurnal bereputasi internasional. Rintisan kerjasama publikasi ilmiah yang diadakan oleh FBS Unimed ini menggandeng dua institusi luar negeri yakni dari Hiroshima City University (HCU) dan USM.

Menurut Prof. Chiaki Iwai, M.A., Ph.D untuk dapat membuat publikasi di jurnal bereputasi internasional dosen harus membuka diri dengan memasuki /mengikuti Assosiasi Profesi dan keilmuan, dan giat mengikuti kompetisi peraihan dana hibah untuk penelitian karena melalui dana hibah ini dosen akan dapat mengikuti program publikasi hasil penelitian melalui conference dan publikasi jurnal.

Lanjutnya, Dosen harus membangun networking untuk dapat mempublikasi hasil karyanya. Publikasi ilmiah bukan hal yang mudah, publikasi membutuhkan kesabaran dan strategi komunikasi yang baik. Dosen harus belajar mengikuti format penulisan ilmiah tergantung pada jurnal yang akan dipublis. Dosen harus membangun keilmuan dan keterampilan menghasilkan penelitian dengan berbagai metode penelitian baik kuantitatif maupun kualitatif. (Humas Unimed/eo)

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW