Close

" The Character Building University "

Rektor Unimed Beri Pembekalan PPL bagi Ratusan Peserta PPG Dalam Jabatan

MEDAN (Unimed) – Rektor Unimed memberikan pembekalan PPL kepada 693 peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Tahap II dan 230 peserta PPG Dalam Jabatan dari daerah khusus. Kegiatan ini dilakukan guna memberikan pembekalan terhadap seluruh peserta yang akan segera melakukan PPL di sekolah asal atau di sekolah mitra selama 3 (tiga) minggu. Kegiatan Pembekalan PPL dilakukan di Ruang Seminar Digital Library Unimed, Jumat (02/11/18).

Turut hadir dalam acara pembekalan tersebut, Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd., Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S., Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc.,Ph.D, Dekan dan Ketua Prodi di lingkungan Unimed, Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong.

Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom menyampaikan agar peserta mengikuti pembekalan ini dengan hati dan dapat berubah dengan mengikuti PPL ini. “kita mau tidak mengikuti kegiatan ini dengan hati, panggilan jiwa kita sebagai seorang guru dengan mengikuti kegiatan ini para guru nanti data menjadi guru professional yang dapat memcahkan permasalahn bangsa ini,”

“Seorang guru harus bisa menjadi seperti akar pohon, akar pohon itu tidak terlihat tapi dia terus menerus memberikan nutrisi kepada pohon sehingga dapat berbuah dan dapat dinikmati orang tapi akar pohon tidak pernah mendapatkan pujian dari hasil kerja kerasnya karena itu seorang guru harus bias seperti itu tidak dipuja atau dipuji tapi dia belajar di tengah malam dengan kerja kerasnya untuk mempersiapkan bahan ajarannya untk besok dengan ikhlas tanpa pamrih tanpa mengharapkan apaun agar muridnya dapat berkembang,” tegas Prof. Syawal ketika memberikan arahan.

Rektor juga menambahkan bahwa saat ini para guru sedang mengajar generasi milenial oleh karena itu seorang guru wajib mengerti teknologi cara belajarnya harus dirubah jang menggunakan cara belajar yang dulu. “Dengan PPL ini nanti para guru dapat mengembangkan cara pebelajarannya yaitu seorang guru harus mengerti content technology knowledge, teknologi yang berhubungan dan berkembang yang sesuai dengan pelajarannya, kita harus bisa mengemas materi berbasis teknologi karena murid yang kita ajarkan akan hidup di masa depan yang semuanya berbasis teknologi,”

Rektor juga berharap dengan mengikuti PPL ini para peserta dapat merubah dua hal yang pertama merubah cara berpikir para murid (way of thinking) karena cara berpikir merupakan persoalan terbesar bangsa ini, kedua para peserta harus bisa membangun kreatifitas dengan tiga cara (1) Ajari para murid mengamati (2) berdasarkan pengamatan yang dilakukan para murid ajari mereka bertanya, dan yang terakhir (3) ajari cara mengumpulkan data dengan mengetahui cara mengumpulkan data para murid bisa mulai menganalisis, berpikir setelah itu menciptakan sesuatu yang baru. (Humas Unimed/zr)

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED

FREE
VIEW