Close

" The Character Building University "

Ratusan Kepala Sekolah Ikuti Rapat Koordinasi Pelaksanaan UKIN UKMPPG

MEDAN (Unimed) – Ratusan kepala sekolah ikuti rapat koordinasi pelaksanaan uji kinerja dan uji kompetensi mahasiswa pendidikan profesi guru (UKIN UKMPPG) di Ruang VIP Lt. IV Digilib Unimed (25/10). Selain itu, dilakukan juga kerjasama antara Unimed dengan 98 sekolah dari TK/PAUD, SD, SMP, SMK, SMA dan SLB dengan jumlah peserta sebanyak 499 orang. Kerjasama tersebut meliputi kerjasama dalam pelaksanaan PPG, PPL, dan Magang.

Pelaksanaan UKIN UKMPPG Dalam Jabatan Tahap I sendiri akan dilaksanakan pada 30 Oktober – 2 Nopember 2018 di sekolah yang ditunjuk sebagai pelaksana. Oleh karenanya, sebagai persiapan pelaksanaan tersebut Unimed menggelar rapat koordinasi, sehingga nantinya dalam pelaksanaan akan berjalan dengan lancar.

Pada kesempatan itu, turut hadir Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd., Wakil Rektor II Dr. Restu, MS., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Dekan FMIPA, Dekan FIS, Dekan FBS, Dekan FT, Winsyahputra Ritonga, S.Pd. M.Si (Narasumber) dan beberapa staf WR I Unimed.

Dalam paparannya Winsyahputra, S.Pd. M.Si mengatakan dalam pelaksanaan UKIN UKMPPG dilakukan dalam beberapa tahapan mulai dari pendalaman Materi, Lokakarya, PPL, dan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG yang terbagi dalam 2 (dua) bentuk Uji yaitu : Uji Pengetahuan (UP) dan Uji Kinerja (UKIN). Uji pengetahuan akan dilakukan secara online sedangkan Uji Kinerja akan dilakukan dengan mengamati langsung peserta PPG mengajar didalam kelas. Setiap peserta PPG akan Mengikuti Uji Kinerja yang dinilai oleh 2 (dua) orang penguji, 1 (satu) dosen dan 1 (satu) guru yang telah memenuhi syarat dan memiliki Nomor Registrasi Penguji (NRP). Dalam menilai peserta PPG pada Uji Kinerja akan menggunakan instrumen yang telah ditetapkan oleh Panita Nasional dan menggunakan Aplikasi khusus yang penilainnya secara online. Pelaksanaan Uji Kinerja bagi peserta PPG dalam Jabatan Tahap I dijadwalkan pada tanggal 30 Oktober s.d 2 November 2018 dan untuk biaya pelaksanaan kegiatan ini seluruhnya ditanggung oleh DIPA PNBP Unimed tahun 2018.

Mewakili Rektor, Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd. mengatakan sebagai perguruan tinggi kami sangat berharap kerjasama dan kemitraan berjalan dengan baik, tentunya penyelenggaan uji kinerja dan uji kompetensi PPG dalam jabatan akan berjalan baik jika ada kolaborasi dari pihak sekolah sebagai panitia. Kegiatan ini berkelanjutan selama 5 tahun kedepan khususnya dalam pelaksanaan kegiatan PPG. Sebagai tanggung jawab sebagai penyelenggara pendidikan, Sekolah dan Unimed harus berkolaborasi dalam menyiapkan guru yang berkualitas di masa depan. Untuk itu kami berterimakasih atas kerjasamanya, semoga kita bisa menjalankan amanah ini dengan baik.

Senada dengan Wakil Rektor I, Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. menyampaikan agar kerjasama ini berjalan dengan baik, selalu berkomunikasi dan berkoordinasi. “Jika ada permasalahan dan kendala di lapangan agar dikomunikasikan dengan baik. Adanya kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dampak baik bagi peningkatan mutu pendidikan baik di sekolah maupun di perguruan tinggi. Jika ada hal lainnya yang belum tuntas, akan ditindaklanjuti setelah acara ini, sehingga koordinasi tentang pelaksanaan UKIN nantinya akan berjalan dengan baik dan lancar,” tutup Wakil Rektor III pada sambutannya. (Humas Unimed/eo)

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED

FREE
VIEW