Close

" The Character Building University "

Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, Unimed Launching 4 Aplikasi Layanan

Medan (Unimed) – Perkembangan teknologi pada jaman sekarang semakain maju seluruh urusan birokrasi di kantor-kantor pemerintahan maupun universitas sudah banyak menggunakan sistem berbasis digital atau cyber-physical yang biasa dikenal Internet of Things. Perkembangan berbasis digital atau internet inilah yang menandakan bahwa sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Unimed dalam menghadapai era Revolusi Industri 4.0 melakukan reformasi birokrasi dengan berlaih ke sistem berbasis web. Hal ini diwujudkan dengan diadakannya Launching dan Bimtek serentak dari 4 aplikasi berbasis web guna mendorong reformasi birokrasi Unimed. Acara Launching dan Bimtek di Ruang Sidang A Gedung Biro Rektor Unimed dan Aula FIS Unimed lt. 3, (14/7/18).

Keempat aplikasi yang di launching adalah SEMARAK BMN (Sistem Informasi Manajemen Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara) yang bertujuan untuk mengolah kebutuhan serta perencanaan prasarana dan sarana Unimed, SIMPELIN (Sistem Informasi Manajemen Penelitian Internal) yang nantinya dapat menfasilitasi dosen-dosen Unimed yang akan mengusulkan penelitian internal yang dibiayai oleh Unimed yang tahun ke tahun meningkat, SIMAR (Sistem Informasi Manajemen Arsip) yang bertujuan untuk mengolah kearsipan baik arsip akademik, akreditasi maupun prestaso dan lainnya, dan aplikasi yang terakhir adalah Sistem Informasi Penyajian Data Mahasiswa.

Acara Launching dan Bimtek tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., Ketua Lemlit Unimed Bapak Prof. Motlan, M.Sc. Ph.D, Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, Dekan FMIPA Dr. Martina Restuati, M.Si., Wakin Dekan seluruh fakultas, dosen-dosen, kabag dan kasub tiap fakultas.

Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., menyampaikan dalam pembukaan acara SIMPELIN “dengan adanya aplikasi ini, penelitian kita untuk internal Unimed juga bisa seperti yang kita lakukan pada penelitian di tingkat nasional. Dalam Aplikasi ini sesungguhnya memang orientasi kita dalam pelaksanaan adalah meneliti dan bukan hanya sekedar meneliti tapi bagaimana kita memanfaatkan karya dalam pelaksanaan penelitian. Dan  ini suatu apresiasi kita kepada lemlit karena tahun ini penelitian Unimed semakin meningkat.” Ujar Wakil Rektor IV.

Dekan FIS dalam sambutannya di acara launching SIMAR mengatakan “Aplikasi ini sangat bagus dan ini merupakan solusi yang dibutuhkan karena dengan aplikasi ini dapat mempermudah kita untuk mengkakses data dengan begitu kita dapat langsung melakukan pemetaan.  Dan diharap dengan adanya aplikasi ini dapat mengintegrasi seluruh komponen data yang ada di fakultas ataupun data pusat sehingga dapat menaikkan kinerja fakulta,”.

Launching dan Bimtek yang dilakukan merupakan perwujudan dari perkataan Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dimana dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 harus mengikuti perkembangan jaman yaitu salah satunya harus melakukan perubahan dengan memanfaatkan teknologi dimana data harus dapat didigitalisasi sehingga data transparan dapat diakses dengan mudah. (Humas Unimed)

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X