Close

" The Character Building University "

Prof. Dr. Yusnadi, MS.

Profesor dalam bidang Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Unimed lahir di Takengon, 09 Januari 1961. Prof. Dr. Yusnadi, MS. Menempuh Pendidikan S1 pada Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Lampung (1985), kemudian melanjutkan Pendidikan S2 Jurusan Ilmu Penyuluhan Pembangunan Ilmu Pertanian Bogor (1991) dan melanjutkan Pendidikan S3 Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Pendidikan Indonesia (2002).

Pengalaman dalam bidang pendidikan. Ia memiliki pengalaman khusus dalam pengembangan sumberdaya manusia yang dikemas dalam berbagai program pendidikan dan pelatihan pada jalur pendidikan non formal (Non Formal Education). Ia pernah mendapat SK dari Direktur Jenderal Pendidikan Luar  Sekolah Pemuda dan Olah Raga dalam tahun 1993 sampai dengan tahun 1997 sebagai adviser dalam pengembangan program-program uji coba model pembelajaran pada Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) regional I Medan. Kini sejak tahun 2003, ia sering bertindak sebagai pelatih, narasumber dalam berbagai kegiatan pelatihan dan pertemuan ilmiah lainnya pada Balai Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda (BPPLSP kini BPPNFI) regional I Medan. Dalam tahun 2006 sampai dengan tahun 2009, ia dipercayakan sebagai adviser (akademisi) di BPPNFI regional I dalam upaya peningkatan mutu pelayanan berbagai program pendidikan, khususnya pendidikan non formal.

Aktif mengikuti kegiatan ilmiah lainnya, baik sebagai pemakalah dan peserta, menulis artikel dibidang pendidikan yang diterbitkan dalam berbagai jurnal ilmiah, dan bahan-bahan perkuliahan di jurusan pendidikan luar sekolah. Kini ia berpangkat Pembina Utama Madya, golongan IV/d, dan dengan jabatan guru besar di Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan. Selain ia aktif memberikan kuliah di Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan PLS, ia juga mengajar pada Program Pascasarjana IAIN Sumatera Utara, Pasca Sarjana UMSU dan pada Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Medan Departemen Pertanian.

Pengalaman dalam seminar dan pelatihan antara lain Pelatihan  standard kompetensi lulusan SD (2003), Pelatihan pembekalan bagi tim jarlit bidang pendidikan Kabupaten Tapsel (2005), Seminar internasional kependidikan (2005), Pelatihan micro teaching untuk TOT bagi penilik, pengelola PKBM dan Tutor Paket C tingkat regional I (2005), Pelatihan penyusunan proposal penelitian dan pengembangan uji coba model bagi PB BPKB, SKB dan UPTD regional I BPPLSP (2005), Seminar dan lokakarya nasional tentang pijakan teoretis empiris tenaga kependidikan (2004), Pelatihan pengembangan tenaga ke PLS-an (2004) dan Pelatihan pengelola pendidikan Keaksaraan (2008).

0 Comments

Comments are closed

X