Close

" The Character Building University "

Prof. Dr. Sahyar, M.S.,M.M.

Profesor pada bidang Ilmu Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ini lahir di Langkat, 26 April1960. Prof. Dr. H. Sahyar, M.S.,M.M. menenmpuh Pendidikan S1 pada Jurusan Pendidikan Fisika di IKIP Medan (1979) kemudian melanjutkan Pendidikan S2 pada Jurusan Fisika Komputasi di UGM Yogyakarta (1991) dan melanjutkan Pendidikan S3 pada Jurusan Ekonofisika di UNPAD Bandung (2008).

Pengalaman dalam penelitian dalam Pendidikan Fisika antara lain dengan judul penelitian Meningkatkan hasil belajar Pemrograman Komputer dalam Fisika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Proyek (2014), Analisis Kualitas Jasa Program Studi Pendidikan Tinggi dengan metode Servqual (service quality) dan Six Sigma (2012), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe TPS Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Pendahuluan Fisika Zat Padat (2011), Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Untuk Belajar Mandiri Dalam Pembelajaran Fisika Statistik Dengan Bantuan Media Berbasis Komputer (2003), dan Pengembangan Program Komputer Model CAI Untuk Mata Kuliah Fisika Dasar di Perguruan Tinggi (2003).

Pengalaman dalam  seminar sebagai narasumber antara lain Penerapan Strategi Samudra Biru Pada pendidikan Tinggi pada Orasi Ilmiah Judisium Pascasarjana Unimed (2010), Buku dan Peranannya. Disajikan pada Seminar Nasional dengan tema: ‘Peran Buku Dalam Menjawab Tantangan Global’ (2009), ”Supervisi Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru”. disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan dengan tema: ‘Akta IV Sarjana Pendidikan di Tinjau Dari Sisi Profesionalisme’ (2009), Visualisasi Persamaan Schrodinger Satu Dimensi Untuk Alat Bantu Belajar pada Seminar Nasional Program Pengembangan Diri (PPD) tahun 2004 dan Sistem Informasi Teori Fisika Dasar Berbasis Komputer pada Seminar Nasional Program Pengembangan Diri (1999).

Pengalaman dalam  penulisan Jurnal pada Bidang Ilmu Fisika antara lain dengan judul The Analogy of Economics Principles and Physics Theory pada Journal of Economics and Sustainable Development (2014), Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika Listrik Dinamis tingkat SMA pada Publikasi hasil penelitian pada jurnal  INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) pada tahun 2015, Pengaruh model pembelajaran Kooperative Tipe Think Pair Share(TPS) berbantu Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar Fisika siswa Tingkat SMA pada Publikasi hasil penelitian pada jurnal  INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) tahun 2014, Analisis penguasaan konsep awal fisika dan Hasil belajar menggunakan model pembelajaran Inquiry Training Pada materi Listrik Dinamis pada jurnal Online Pendidikan Fisika (2013), Pengembangan Sistem Informasi Teori Fisika Untuk Alat Bantu Belajar pada Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan (1999), dan Visualisasi Menggunakan Komputer Untuk Pengajaran Fisika pada Jurnal Pelangi Pendidikan.

Pengalaman dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat antara lain sebagai Tutor PLPG bidang Fisika dan IPA Unimed Medan (2009), Koordinator SMPTN Unimed Medan (2010), Koordinator UN Langkat (2010), Tutor PLPG bidang Fisika dan IPA Unimed Medan (2010) dan Tutor PLPG bidang Fisika dan IPA Unimed (2011).

Karya buku yang telah dipublikasikan antara lain dengan judul Pemrograman Komputer Untuk Sains menggunakan Matlab (2012), Algoritma Dan Pemrograman menggunakan Matlab (2013), Komputasi Sains Fisika (2014), Konsep dan Teori Sains Fisika (2015).

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW