Close

" The Character Building University "

Prof. Dr. Mukhtar, M.Pd.

Profesor di bidang Bidang Teknologi Pendidikan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unimed lahir di Medan, 7 Agustus 1959. Prof. Dr. Mukhtar, M.Pd. menempuh pendidikan S1 Jurusan Pendidikan Matematika IKIP Medan (1983). Ia melanjutkan pendidikan S2 di Teknologi Pendidikan di IKIP Jakarta (1992). Dan  menyelesaikan Pendidikan S3 jurusan Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta (2000).

Beliau pernah menjabat sebagai Staf Pembantu Rektor I pada tahun 2001, selanjutnya menjabat sebagai Sekretaris LPM pada tahun 2003. Pada tahun 2006 beliau menjabat sebagai Ketua Jurusan Matematika FMIPA Unimed dan pada tahun 2014 menjabat sebagai Wakil Dekan II FMIPA sampai sekarang.

Pengalaman beliau dalam  Peneletian antara lain dengan judul Pengaruh Teknik Pemberian Tugas dan taraf materi terhadap hasil belajar matematika  SMU Kota Madya Medan (1992). Karya selanjutnya Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA (Tahun I sampai Tahun III) pada tahun 2013-2015. Dan penelitihan Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Web untuk Pembelajaran Matakuliah Kalkulus Peubah Banyak (Tahun I sampai tahun II) pada tahun 2016 sampai 2017.

Beliau juga aktif  dalam  penulisan Karya Tulis Ilmiah diantaranya jurnal Kemajuan Teknologi dan Kecenderungan Pendidikan pada Jurnal Pelaangi Pendidikan (1999). Program Pendidikan melalui Kerjasama Perguruan Tinggi dengan Dunia Usaha pada Jurnal Pelaangi Pendidikan (2002). Hubungan Penilaian siswa terhadap kemampuan profesional guru  dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan (2003). Evaluasi Kinerja Dosen pada Jurnal Teknologi Pendidikan Pascasarjana Unimed (2008). Improving Mathematical Problem Solving Ability and Self-Confidence of High School Students through Contextual Learning Model pada Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education (2016). Analysis of Student Mathematical Problem Solving Skills at Budi Satrya of Junior High School pada International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education (2017). Dan Development of Mathematics Module Based on Metacognitive Strategy in Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability at High School pada Journal of Education and Practice of International Institute for Science, Technology and Education (2017).

Selain menulis karya Ilmiah, beliau juga aktif sebagai pemakalah di dalam seminar antara lain dengan judul Evaluasi Proses dalam pembelajaran Matematika Realistik di Unimed (2007). Mengubah Paradigma Pembelajaran Matematika untuk Menjadi guru yang Profesional, Unimed (2008). Pembelajaran Matematika Realistik dalam rangka Peningkatan Profesi Guru (2008). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalahuntuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran danPemahaman Konsep Siswa di Universitas Lampung (2013). Pengembangan Tugas Matematika Sebagai Alat Ukur Penalaran dan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Menengah Atas di Institut Pertanian Bogor (2014) dan Designing Student Worksheet for Problem Solving Task that Enhance Student’s Reasoning Ability and Conceptual Understanding, Unimed (2014).

Beliau juga aktif dalam Pengabdian Kepada Masyarakat antara lain Pembuatan pupuk kompos pada masyarakat desa Laut Dendang (2004). Pengintegrasian ICT dalam Pembelajaran di SD 064028 Kecamatan Medan Area Kota Medan (2013). Dan Pelatihan Pemanfaatan PowerPoint untuk Merancang Media Pembelajaran Berbasis ICT bagi Guru di Sekolah MTs se-Kota Medan (2014).

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X