Close

" The Character Building University "

Prof. Dr. Drs. Abdul Murad, M.Pd

Profesor pada bidang Psikologi dan Bimbingan Konseling ini lahir di Tebing Tinggi, 18 Februari 1959. Prof. Dr. Drs. Abdul Murad, MPd. Menempuh Pendidikan S1 pada Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP IKIP Medan (1984) dan melanjutkan Pendidikan S2 dengan jurusan yang sama di PPs IKIP Bandung (1992), dan melanjutkan Pendidikan S3 di Bimbingan dan Konseling juga di PPs UPI Bandung (2005).

Professor Abdul Murad pernah menjabat sebagai kepala sekolah di SMA Amir Hamzah Medan (1984-1987), dan pernah menjadi direktur di Akademi Manajemen Informatika Komputer Jenderal Sudirman (1994-1998). Selain dosen di Unimed, ia juga dosen di Universitas Islam Sumatera Utara, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Mata kuliah yang diampu antara lain Pengantar pendidikan, profesi kependidikan, Perkembangan Peserta Didik).

Karya tulis yang sudah di publikasikan diantaranya Publikasi karya tulis tentang konsep evaluasi diri dalam supervisi klinis Program Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa (1999), Prosiding karya tulis tentang upaya meningkatkan komitmen moral melalui pengayaan alih peran dan konflik sosio-kognitif (2001), Prosiding karya tulis-karya tulis tentang konseling kelompok (2003), Karya tulis bahan ajar tentang konseling keluarga (2004), Konselor Profesional (2001), dan Konseling Kelompok (2009).

Pengalaman penelitian lapangan antara lain dengan judul penelitian Suasana kerja staf dan karyawan PTP VIII dalam rangka meningkatkan hasil kerja optimal (1989), Tingkat unjuk kerja konselor dalam menyelenggarakan konseling awal dilihat dari latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja (1992), Perilaku Penduduk Perumnas Medan II Mandala bagi Terbentuknya Lingkungan Hidup Kumuh serta Kaitannya dengan Tingkat Pendidikan dan Status Ekonomi (1995), Aplikasi Kecerdasan Emosional Guru dalam Pembelajaran Matematika serta Kaitannya dengan Tingkat Kecemasan yang Dialami Siswa SD di Kelurahan Sukamaju Medan (2001), Standar kualitas kompetensi konselor ublicetl (Studi pengembangan standar kompetensi di lingkungan pakar konseling perguruan tinggi negeri dan konselor SMA Negeri) pada tahun 2005, Persepsi remaja siswa SMA tentang teknik pendisiplinan yang dilakukan oleh orang tua pada suku bangsa Melayu di Kabupaten Langkat Provinsi Sumatra Utara (2008) dan Tingkat aktualisasi guru BK dalam karakter ”Konselor Profesional” ditinjau dari latar belakang pendidikan (2015).

Selain pengalaman dalam penelitian lapangan, ia juga berpengalaman sebagai penyaji, narasumber dan fasilitator dalam kegiatan seminar, lokakarya dan training antara lain Penataran Dosen se-Kopertis Wilayah I tentang pengantar metodologi penelitian (1994), Training Forum Pacu Studi (1996), Seminar tentang solidaritas ublic dan kohesivitas kelompok (2000), Seminar dengan judul makalah profil konselor berstandar internasional,  pada Konvensi Nasional XIII Bimbingan dan Konseling (2003), Seminar Nasional tentang profesi konselor masa depan di Bandung (2004), Forum konsultasi ublic program Subsidi Langsung Tunai (SLT) untuk keluarga miskin, dengan judul: Perspektif akademis terhadap kebijakan PKPS-BBM (SLT) pada tahun 2006, Peningkatan tenaga pembimbing kemahasiswaan bagi PR III, Puket III dan Pudir III PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah I Sumut-NAD (2006), Seminar internasional tentang konseling sejagad (2014) dan In the International Conference on Guidance & Counseling, Human Resources and Human Development di Malaysia (2015).

Penghargaan yang telah diraih antara lain Dosen teladan tingkat nasional diserahkan oleh Dikti (1994), Dosen teladan tingkat I Propinsi Sumatra Utara oleh Gubernur KDH I Sumut (1994), Satyalancana Karya Satya 10 tahun oleh Presiden RI dan Pernyataan Dosen Profesional oleh Rektor UNIMED atas nama Mendikbud Indonesia (2009).

0 Comments

Comments are closed

X
UNIMED

FREE
VIEW