Close

" The Character Building University "

Prof. Dr. Asih Menanti, M.S., S.Psi

Profesor bidang Psikologi dan Bimbingan Konseling ini lahir di Tebing Tinggi, 3 Juni 1960. Prof. Dr. Asih Menanti, MS., S.Psi. menyelesaikan pendidikan S1 Pogram Studi Bimbingan Konseling IKIP Medan (1984). Melanjutkan S2 pada Bidang Ilmu Psikologi Sosial di UNPAD (2000). Ia mengambil kembali pendidikan S1 di Program Studi Psikologi di Universitas Medan Area (2003),dan Pendidikan S3 pada Bidang Ilmu Psikologi di UNPAD (2008).

Pengalamannya dalam penelitian antara lain Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam memahami tingkah laku berbasis teori kepribadian melalui implementasi “Pembelajaran pengalaman langsung” dan “Pemberian umpan balik” yang berdampak pada  self-efficacy (2011), Meningkatkan Kemampuan mahasiswa dalam “Memaknai Bahasa Nonverbal” sebagai integrasi kelompok MKK melalui implementasi Pengalaman langsung yang membangun karakter self control (2012) dan Meningkatkan Akurasi Empati Mahasiswa Prodi BK FIP Unimed melalui Pembelajaran Menggunakan Narasi Kasus dan Pengalaman Langsung pada  Mata Kuliah Teori Kepribadian (2013).

Pengalam pengabdian kepada masyarakat antara lain Perancang dan instruktur pada Kegiatan Pelatihan Guru untuk Pembinaan Karakter Siswa SMK di Kota Medan (2015), Pemeriksaan Psikologis Mahasiswa (2015), Instruktur pada Kegiatan The Mothers’ Refresher Training di BP-PAUDNI (2013), Narasumber Nasional pada Pelatihan Instruktur Nasional Implementasi Kurikulum Tahun 2013, Instruktur Peningkatan Mutu Sekolah dan Desa Binaan dalam Bidang Bimbingan Konseling di Binjai (2012), Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Nonverbal Guru Bimbingan Konseling dan Guru Bidang Studi di SMA PKL (Praktek Kerja Lapangan) Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling (2011) dan Psikotest untuk penjurusan sekolah (2010).

Ia aktif dalam penulisan Artikel Ilmiah dalam Jurnal antara lain Karakter Bangsa Melayu dalam Berpikir Moral dan Upaya Pengembangannya Berbasis budaya (2015), Peningkatan Kemampuan Mahasiswa dalam Memaknai Bahasa Nonverbal sebagai Integrasi Kelompok Mata Kuliah Keahlian (MKK) melalui Implementasi Pembelajaran Pengalaman Langsung (2013), dan dalam proses penulisan dengan judul Rekonseptualisasi Teori Pertimbangan Moral Kohlberg pada Remaja Suku Bangsa Melayu Berlatar Belakang Budaya Interdependen (Sebuah Informasi Hasil Penelitian bagi Konselor Sekolah untuk Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pengembangan Pengetahuan Moral).

Ia juga aktif pada pemakalah seminar ilmiah dalam oral presentation diantaranya Pengembangan Karakter Mahasiswa pada Pelatihan Peningkatan Karakter bagi Mahasiswa PTS di Lingkungan Kopertis Wil I (2015). Mengenal dan Mengembangkan Karakter Diri pada Sosialisasi Mahasiswa Bidikmisi Angkatan 2014 USU (2014), Penalaran Moral Remaja Melayu dan Kontributornya pada Bedah Buku pada Kegiatan Gebiyar Fakultas Ilmu Pendidikan UNIMED (2014), Kompetensi Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan dalam Tinjauan Psikologi pada Sosialisasi dan Try Out Uji Kompetensi Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (2014), Moral Judgment and Education pada FIP JIP Forum and International Seminar in theme: Strengthening Educational  Sciences for The Creation of Educated Graduates in The implementation of 2013 Curriculum (2013), Developing Basic School Student’s Empatic in A Stimulated Learning pada International Seminar on Primary Education Conducted by Departement of Primary Education, Graduate School of The State University of Medan (2012), dan Penyusunan Alat Ukur Karakter Siswa SMK Medan pada Pelatihan Guru SMKN Kota Medan Penyusunan Alat Ukur Karakter Siswa SMK Medan (2016).

Karya dalam bentuk buku yang telah ia tulis antara lain Pendidikan Karakter: Membangun Budaya Akademik di Universitas Negeri Medan (2012), Penalaran moral remaja Melayu dan kontributornya (hasil penelitian di Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara) (2010), Penelitian Eksperimen (2013) dalam dalam proses penulisan dengan judul Psikologi Kognitif: Sebuah Pengantar untuk Pendidik Anak di Sekolah dan Di Luar Sekolah (dalam Persiapan) Edisi Revisi atas “Psikologi Kognitif: Sebuah Pengantar untuk Pendidik Anak di Sekolah dan Di Luar Sekolah”.

Penghargaan yang sudah diraih diantaranya Certificate awarded to Honorary Profesor of FIP JIP Forum oleh FIP JIP Indonesia Forum (2015) dan Pemakalah Terbaik pada Seminar Hasil Penelitian Teaching Grant, Research Grant, dan Student Grant PHKI Batch III dan IV tahun 2011 di UNIMED oleh PHKI UNIMED (2012).

0 Comments

Comments are closed

X