Close

" The Character Building University "

Prof. Dr. Abdul Muin Sibuea, M.Pd

Profesor Abdul Muin Sibuea lahir di Tapanuli Utara, 8 Oktober 1958. Menyelesaikan Program Sarjana Muda di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro di FPTK IKIP Medan (1980), Sarjana dari Program Studi yang sama di FPTK IKIP Medan juga (1983). Program Magister pada bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan di IKIP Yogyakarta (1987). Program Doktoral pada bidang Teknologi Pendidikan di IKIP Jakarta (1992).

Ia memiliki pengalaman kerja diantara lain sebagai Direktur Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan (2012-2016), Ketua Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan Periode I (1999-2003), Ketua Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan Periode II (2004-2007), Tenaga Ahli (Konsultan Pendidikan) pada Dinas Pendidikan  Provinsi Sumatera Utara (2009-2010), Anggota Dewan Pendidikan Kota Medan, dengan SK Walikota Medan Nomor: 420/849.K/2007 Tentang Pengurus Dewan Pendidikan Kota Medan (2007 – 2011), Konsultan dan Pendamping Akademisi SKB Medan, dengan SK Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Nonformal (2007-2008), Konsultan Pendidikan pada Kasubdis Bina Program Diknas Provinsi Sumatera Utara (2005-2006), Konsultan Technical Education Development Project (TEDP), Loan ADB INO-1100, Paket 2, Spesialisasi Listrik, Direktorat Dikmenjur Depdibud, Jakarta (1995-1996) dan sebagai reviewer penelitian DRPM Kemenristek Dikti sejak 2005 sampai sekarang.

Sejumlah artikel- artikel Prof. Dr. Abdul Muin Sibuea, M.Pd. antara lain Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Pada Kompetensi Membuka Usaha Sendiri Siswa SMK di Kota Medan, Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Lemlit Unimed (2001), Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecenderungan Perilaku Agresif   Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan (2013), Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan (2014), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Tipe Kepribadian Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu (2014), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Tipe Kepribadian Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu (2014), Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Jepang (2014), Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer pada Menggambar Teknik (2014), Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Tiram (Rizka Eka Putera dan Abdul Muin Sibuea), Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaan Siswa SMK Negeri 1 Balige (Novalia Evodya Tumanggor dan Abdul Muin Sibuea), Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif  Menggunakan Simulasi Animasi Pada Matakuliah Chasis Otomotif (Andi Bahar dan Abdul Muin Sibuea), The Determinat Factors That Effect Teacher Performance of Public Hihg School in Deli Serdang District. (Miska Gewasari, Belferik Manullang, dan Abdul Muin Sibuea), Effect of Organizational Culture and Managerial Competence on Performance on Lecturer in Obstetrics Study Program at Private University of North Sumatera (Salim Aktar, Zainuddin, dan Abdul Muin Sibuea), IOSR Journals International Organization of Scientific Research (2017).

Penghargaan yang telah ia peroleh antara lain sebagai Penyaji terbaik dalam Penyajian Hasil-Hasil Penelitian Kompetitif Nasional (2015) dan Sebagai Guru Besar yang diberi Menteri Pendidikan (2002). Professor Abdul Muin juga pernah sebagai Pemakalah Seminar Ilmiah Oral Presentation pada Seminar dan Lokakarya Nasional Penelitian Tindakan Kelas dengan judul aritkel Metodologi Penelitian dan Program Kreativitas  Mahasiswa (2013), The 3rd International Conference on Multidisciplinary Research 2014 dengan judul arikel Development of Entrepreneurship Education Model to Create Vocational School Students’ Entrepreneur Competency dan Development of Entrepreneurship Education Model to Create Vocational School Students’ Entrepreneur Competency dengan judul karya ilmiah Development of Life Skill Based Instructional Model to Improve Entrepreneurship Competency Vocational Training Centre Students’ (2016).

0 Comments

Comments are closed

X