Close

" The Character Building University "

Pengelola PPG UNY Studi Banding Ke UNIMED

18/09/2015

Medan – Universitas Negeri Medan (UNIMED) menerima kunjungan studi banding dari pengelola Pendidikan Profesi Guru  (PPG) Universitas Negeri Yokyakarta (UNY) beberapa waktu lalu pada Senin, 14/9/2015. Sebanyak sembilan orang perwakilan dari  Lembaga Pengembangan dan Penjamin Mutu Pendidkan (LPPMP) UNY disambut hangat oleh Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd didampingi Kepala Pengelola PPG Unimed Dr. Tarsyad Nugraha, M.Kes di ruang kerja WR 1. Kesembilan perwakilan LPPMP UNY yang hadir  tersebut ialah; Prof. Dr. Wawan S. Suherman, M.Ed; Prof. Dr. Suwarna, M.Pd; Suyud, M.Pd; Dapan, M.Pd; Bambang Saptana, M.Si; Zulfikar, M.Pd; Sunarti, SIP; Heni Susilawati, SIP; dan Sri Ningsih, SIP. Pertemuan ini juga diikuti oleh dosen PPG Unimed Dr. Hidayat, M.Si., dan Dr. Arwansyah, M.Si.

Prof. Dr. Wawan Suherman yang menjadi ketua rombongan mengungkapkan tujuan pihaknya studi banding  ke Unimed. Menurutnya, ada beberapa hal menarik yang ingin pihaknya ketahui dari proses pengelolaan PPG Unimed. Salah satunya adalah mekanisme pergantian lokasi Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa PPG dari SMP ke SMA dan sebaliknya. Seperti diketahui, mahasiswa PPG UNY menjalani PPL hanya pada satu lokasi saja. Sementara itu, mahasiswa PPG Unimed harus mengikuti PPL di SMP dan SMA, sehingga memiliki dua pengalaman mengajar yang berbeda. “Mungkin ada hal-hal lain yang ingin kami lihat dari pengelolaan PPG Unimed yang memiliki beberapa perbedaan dan persamaan”, tambah Prof Suherman.

Prof. Dr. Abdul Hamid selaku penanggungjawab PPG Unimed dan juga Wakil Rektor I mengungkapkan bahwa kami Unimed sangat menyambut baik kunjungan dan studi banding dari Pengelolah PPG UNY ke Unimed. Kunjungan ini juga kita akan jadikan media sering informasi dan diskusi dalam perancangan pengelolaan PPG dikedua belah pihak. Pastinya ada sedikit kelemahan dalam pengelolaan yang telah dilakukan. Insya Allah melalui pertemuan ini segala kelemahan dapat kita perbaiki di tahun depan dalam pengelolaan PPG yang terbaik, karena kita Unimed dan UNY merupakan satu wadah dalam Kementerian yang sama. Jika kita mau berupaya dan berusaha untuk yang terbaik dalam pengelolaan PPG di Unimed dan UNY pastinya niat baik itu akan menghasilkan apa yang kita harapkan yaitu pengelolaan yang terbaik sesuai dengan SOP yang dikeluarkan Kementerian Riset, Teknologi dan Dikti. Kami pimpinan sangat komit dan konsisten bahwa setiap saat kami selalu melakukan evaluasi dari proses pengelolaan PPG yang sudah dilakukan dengan harapan selalu ada perbaikan untuk yang terbaik.

Sementara itu Dr Tarsyad Nugraha sesudah kunjungan tersebut mengatakan bahwa tim dari UNY ingin melihat secara langsung  proses akademik dan asrama PPG Unimed. Hal lain yang berbeda antara PPG Unimed-UNY adalah keberadaan tim pengelola di tiap fakultas. Di Unimed ada tim pengelola tiap fakultas yang membawahi prodi-prodi PPG, sedangkan di UNY strukturnya langsung dikelola oleh prodi. Dengan adanya pengelola tiap fakultas, maka informasi akan cepat sampai. Dari segi pengelola praktek lapangan pun PPG Unimed-UNY berbeda. PPG UNY dikelola oleh UPPL untuk praktek mengajar, sedangkan di Unimed dikelola tersendiri. (Humas Unimed).

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
UNIMED Mobile

FREE
VIEW